Beranda DAERAH UKL Dukcapil Pessel Diminta Tingkatkan Kualitas Pelayanan

UKL Dukcapil Pessel Diminta Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BERBAGI

FPIISUMBAR.COM – Demi tercapainya kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, meminta petugas Unit Kerja Layanan (UKL) Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di semua kecamatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

Beberapa bentuk dokumen kependudukan yang dibutuhkan masyarakat tersebut seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan lainya.

Hal itu disampaikan Bupati Hendrajoni, Selasa (11/8) ketika melakukan pertemuan dengan kepala UKL se Pessel, di Kantor Dinas Dukcapil Pesisir Selatan di Painan.

“Saya berharap petugas UKL Dukcapil di semua kecamatan benar-banar dapat meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat dalam melakukan pengurusan berbagai dokumen kependudukan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendrajoni juga menyampaikan apresiasinya. Sebab saat ini Dinas Dukcapil melalui petugasnya telah memberikan pelayanan kepada masyarakat hingga ke pintu rumah pada semua nagari yang ada.

“Pelayanan ke pintu rumah itu hendaknya dilakukan dengan sepenuh hati, karena itu merupakan pengabdian yang sesungguhnya yang hanya bisa dilakukan oleh petugas UKL Dukcapil. Sebab bila dilakukan dengan sepenuh hati, tugas yang dilakukan juga mendapatkan ganjaran amal ibadah dari yang maha kuasa,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa data kependudukan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan arah, kebijakan, dan perencanaan pembangunan ke depan.

“Berdasarkan hal itu, maka ketersediaan data kependudukan di semua tingkat administrasi pemerintahan sangat penting. Karena menjadi kunci keberhasilan setiap program pembangunan yang dilakukan,” ingatnya.

Ditambahkan lagi bahwa saat ini Pemkab Pesisir Selatan juga berkomitmen menyukseskan tiga program strategis nasional dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Tiga progran strategis itu diantaranya, pemutakhiran data kependudukan, penerbitan nomor induk kependudukan (NIK), dan penerapan KTP elektronik.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapai Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus melakukan tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di daerah itu.

“Agar pelayanan masksimal bisa dilakukan, sehingga kami melalui petugas UKL Dukcapil Kecamatan berupaya untuk terus melakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Ini bukan saja dilakukan hingga ke tingkat nagari, tapi juga ke sekolah-sekolah, bahkan sampai ke pintu rumah agar target sebagaimana diharapkan bisa tercapai” ujarnya.

Diakuinya bahwa melalui pelayanan hingga sampai ke pintu rumah itu, membuat masyarakat menjadi puas.

“Bagi kami sebagai pelayan masyarakat, kepuasan itu sudah di atas segala-galanya,” timpalnya. (Tim)