Beranda DAERAH Kanwil Kemenag Sumbar Gelar Peningkatan Kapasitas KUB dan Lembaga Keagamaan di Agam

Kanwil Kemenag Sumbar Gelar Peningkatan Kapasitas KUB dan Lembaga Keagamaan di Agam

BERBAGI

FPIISUMBAR.COM, AGAM – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas FKUB dan Lembaga Keagamaan di Agam pada Jum’at (28/8). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam Lubuk Basung ini diikuti 30 orang peserta.

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri menyampaikan bahwa kerukunan adalah modal utama pembangunan bangsa. “Kerukunan nasional merupakan modal utama bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita pembangunan nasional”, ungkapnya saat membuka gelaran kegiatan.

“Dan untuk mewujudkan tugas mengelola kerukunan itulah, Kementerian Agama mencanangkan program moderasi beragama. Bahkan moderasi beragama telah menjadi bagian dari arah kebijakan dan strategi pemerintah menuju revolusi mental dan pembangunan kebudayaan”.

“Kami berharap pada seluruh jajaran Kementerian Agama di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Agam tidak ragu-ragu berbicara tentang Moderasi beragama. Dimana inti dari moderasi beragama adalah memahami dan melaksanakan ajaran agama secara adil dan seimbang agar terhindar dari perilaku ekstrem dan berlebih-lebihan saat menjalankan ajaran agama”, jelasnya.

Pada kegiatan tersebut selain Kakanwil juga hadir Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar H. Irwan selaku narasumber yang menyampaikan materi tentang Optimalisasi Peran FKUB dalam menciptakan kerukunan umat beragama, Kakan Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi Serta Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Sumbar Hj. Irda Hayati.

Ketua Panitia Eri Gusnedi Kasubbag Umum Humas Kanwil Kemenag Sumbar menjelaskan bahwa, 30 orang peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan Kapasitas FKUB dari Lembaga Keagamaan Kabupaten Agam, dan Pengurus organisasi keagamaan serta Organisasi Kemasyarakatan se Kabupaten Agam. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah wabah virus Covid-19, dan tetap dalam tatanan normal baru. (*)

Sumber Kemenag Sumbar