Beranda ENTERTAINMENT Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Sosialisasi Proyek Kegiatan Prioritas...

Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Sosialisasi Proyek Kegiatan Prioritas Nasional  ( Pro PN )

BERBAGI

PEKANBARU , BUSER24.COM –– Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB kota Pekanbaru  ( M Amin ) menjadi Nara Sumber dalam kegiatan Sosialisasi Proyek Prioritas Nasional

(Pro PN ) bagi Kader KB ibu Hamil dan Balita  di Sekretariat Kampung KB BERKAH BERSAMA

Melalui Doni Sali Irwan ( Kepala Bidang Pengendalian Penduduk , Pergerakan dan Penyuluhan ) adapun giat kali ini dengan tema penerapan ketahanan keluarga delapan fungsi keluarga .

Drs M . Amin MSi ,   menyatakan dasar fondamen sebuah keluarga yang Smart Madani dan berkwalitas adalah apabila dalam keluarga mampu menerapkan delapan fungsi keluarga dalam kehidupan sehari-hari .

Dengan semangat Drs Mohammad Amin Msi di awali dengan mengajak bernyanyi bersama ibu- ibu peserta sosialisasi dengan judul lagu Keluarga Cemara . Dengan maksud memberikan gambaran begitu berartinya sebuah keluarga  , ucap Doni

Lanjut  Doni  , dalam penjelaskan dengan jelas dan seksama seputar delapan fungsi keluarga .Delapan fungsi keluarga yang berperan dalam mengajarkan segala norma dan aturan kepada buah hati ,  Fungsi keluarga tersebut berguna untuk mengenalkan bagaimana kehidupan bermasyarakat.

Seluruh anggota keluarga berperan dalam kontrol sosial buah hati .Mereka mengajarkan tentang apa saja yang boleh dan dilarang dilakukan ,

Budaya yang positif juga diajarkan di dalam keluarga ,  Budaya meminta tolong dan berterima kasih diajarkan sedini mungkin kepada buah hati ,  Budaya lain juga sebaiknya diajarkan saat anak masih kecil agar menjadi kebiasaan.

Bagi anak-anak adalah tempat mereka melakukan banyak hal , ada banyak fungsi keluarga yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil ,

Sebelum menghadapi dunia luar, anak-anak belajar mulai dari lingkungan keluarga. Anak-anak menyerap segala informasi yang mereka dapat dari dalam rumah.

Hal tersebut menjadikan fungsi keluarga sangat krusial bagi si kecil ,  peran serta orangtua dan semua anggota keluarga menjadi sangat penting ,  agar tumbuh kembang si kecil maksimal, ada baiknya kita harus tahu apa saja fungsi keluarga. Berikut 8 fungsi keluarga menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), agar keluarga dan buah hati tumbuh dengan baik , tegaanya

Berikut Fungsi keluarga sebagai .

1.Fungsi Agama

Fungsi keluarga yang pertama adalah mengajarkan agama. Keluarga merupakan media pertama buah hati dalam belajar apapun.

Keluarga berperan untuk membimbing anak dalam menjalankan agama. Seluruh anggota keluarga berperan penting dalam penanaman nilai-nilai agama

2 . Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan .

Di sini Kadis Dalduk menyatakan

keluarga sebagai fungsi sosialisasi pendidikan , Bersosialisasi merupakan hal alami yang dilakukan manusia. Keluarga menjadi media penting saat buah hati belajar bersosialisasi.

Buah hati belajar bagaimana orang dewasa berinteraksi dengan tetangga dan orang lainnya. Anak juga belajar bagaimana berinteraksi dengan baik melalui perilaku orang dewasa.

3.Fungsi Sosial dan Budaya

Budaya yang positif juga diajarkan di dalam keluarga. Budaya meminta tolong dan berterima kasih diajarkan sedini mungkin kepada buah hati. Budaya lain juga sebaiknya diajarkan saat anak masih kecil agar menjadi kebiasaan.

Seperti kita harus tanggap dan cerdas .Maskemu melindungi mu pak lurah harus tanggap dan memotivasi Kader kadenya agar lebih ber semangat

Selanjutnya

parameter keluarga dari nilai-nilai budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya kita.

4.Fungsi Cinta dan Kasih Sayang

Fungsi Cinta Kasih Sayang

Menurut Muhammad Amin Msi, keluarga dapat menjadi wadah ideal untuk menciptakan suasana cinta dan kasih sayang dalam kehidupan, baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Fungsi cinta kasih dapat diwujudkan dalam bentuk memberikan kasih sayang dan rasa aman, serta memberikan perhatian diantara anggota keluarga.

“Hal ini menjadikan keluarga sebagai landasan yang kokoh untuk setiap individu dalam mewujudkan kehidupan yang penuh cinta kasih,” ungkapnya

Kasih sayang yang dipupuk terus menerus akan melahirkan ikatan batin yang kuat. Saat salah satu anggota keluarga mengalami kesulitan, rasa kasih sayang akan mendorong anggota keluarga lainnya untuk memecahkan kesulitan tersebut.

Mohammad Amin Msi pun mengatakan kondisi yang serba sulit akibat pandemi COVID-19 dapat memicu konflik antar anggota keluarga. “Namun, dengan kuatnya kasih sayang antar anggota keluarga, pencarian solusi akan dilakukan secara bersama-sama sehingga diharapkan dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh anggota keluarga,” ungkapnya.

5.Fungsi Perlindungan

Menurut Drs Mohammad Amin Msi .. keluarga dapat memberikan perlindungan sebagia tempat bernaung bagi setiap anggota keluarga di dalamnya. Jika keluarga berfungsi dengan baik, maka keluarga akan mampu memberikan fungsi perlindungan bagi anggotanya serta dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

“Keluarga melindungi setiap anggotanya dari tindakan-tindakan yang kurang baik, sehingga anggota keluarga merasa nyaman dan terlindung dari hal-hal yang tidak menyenangkan,” ujarnya.

6.Fungsi Reproduksi

Drs Mohammad Amin Msi mengatakan, menikah di Indonesia sering diasosiasikan dengan memiliki keturunan. Sehingga merupakan suatu hal yang lumrah ketika seseorang menikah, kehadiran keturunan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu.

“Memiliki anak dengan penuh perencanaan, dapat mewujudkan terciptanya keluarga yang sejahtera. Tentunya dengan kondisi tersebut, keluarga merupakan wadah yang tepat untuk mengembangkan fungsi reproduksi,” ungkapnya.

Namun menurut Muhammad Amin Msi selain tentang harapan mengenai memiliki keturunan fungsi reproduksi dalam keluarga juga berarti secara menyeluruh. Artinya fungsi reproduksi dalam keluarga termasuk seksualitas yang sehat dan berkualitas, serta pendidikan seksualitas bagi anak.

“Fungsi ini menjadi sangat penting agar anak tidak salah langkah dalam menyikapi hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas,” imbuhnya.

7. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan

berpendapat fungsi sosialisasi dan pendidikan memiliki makna bahwa keluarga sebagai tempat untuk mengembangkan proses interaksi dan belajar bersosialisasi serta berkomunikasi secara baik dan sehat. Menurutnya, keluarga harus bisa mensosialisasikan kepada setiap anggotanya tentang nilai, norma, dan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain.

“Untuk itu, keluarga merupakan tempat utama dan pertama memberikan pendidikan kepada semua anggota keluarga untuk bekal masa depan,” ungkapnya.

8.Fungsi Ekonomi

Kadis Pengendalian Penduduk dan KB kota Pekanbaru  menyatakan pemenuhan kebutuhan tentu menjadi inti dari kehidupan. Keluarga adalah tempat bertumpu yang diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan.

“Bagaimana mungkin keluarga dapat bertahan, jika kebutuhan ekonominya tidak terpenuhi. Apalagi seperti saat ini, kebutuhan semakin berkembang. Tentu kebutuhan tidak berkisar pada makan minum semata kan?,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Mohammad Amin Msi mengatakan fungsi ekonomi tentu menjadi hal yang penting dalam menjaga ketahanan keluarga. Lingkungan keluarga dapat menjadi tempat untuk membina dan menanamkan nilai-nilai yang berhubungan dengan keuangan dan pengaturan penggunaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mewujudkan keluarga sejahtera.

“Keluarga sebagai tempat untuk memperoleh kebutuhan seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan materi lainnya serta memberikan dukungan finansial kepada anggotanya,” imbuhnya.

Dari   semua pemaparan materi 8 fungsi keluarga harus lah bisa dan mampu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu kita aplikasikan kan ke masyarakat sekitar kita

Maka akan mampu mewujudkan keluarga yang harmonis dan berkwalitas sesuai yang kita harapkan .

Salam BKB ..

Orang tua

hebat’…

Balita Cerdas..

Keluarga bahagia …

Karya ‘ Doni sali Irwan, kepala bidang pengendalian penduduk, pergerakan , dan penyuluhan.