Beranda POLITIK Diminta Masyarakat Cerdas Pilih Pemimpin

Diminta Masyarakat Cerdas Pilih Pemimpin

BERBAGI

Dalam waktu dekat ini, Pilkada 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat bakal ditabuh. Maka dari itu, masyarakat untuk cerdas memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati.

“Masyarakat harus cerdas dalam menentukan pilihannya, karena pilihan pemimpin akan menentukan nasib hidup kita selama lima tahun ke depan.

Memilih dengan cerdas dan bersikap dewasa dalam setiap pemilihan kepala daerah sangat penting, sebab, setiap pelaksanaan pilkada selalu ada insiden-insiden yang biasanya membuat keresahan di masyarakat. Politik harus dapat menumbuhkan kedewasaan politik tanpa perpecahan.

“Yang terpenting harus menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai karena politik terjadi perpecahan, permusuhan dan hilangnya nilai- nilai keadaban, budi pekerti serta tenggang rasa. Beda pilihan dalam berdemokrasi merupakan hal biasa.

Masyarakat juga harus pandai memilah informasi. Apalagi informasi yang bersumber dari media sosial. Sama-sama diketahui, media sosial seringkali memuat informasi yang belum valid sehingga ada yang menimbulkan provokasi di tengah-tengah masyarakat.

“Masyarakat harus memahami adanya provokasi yang bisa mengarah kepada konflik sosial yang bisa berakibat pada bentrokan fisik. Untuk itu, masyarakat harus bisa lebih berhati-hati memilih dan menyebarkan informasi.

Pada Pilkada 2020 ini lahir pemimpin yang benar-benar memikirkan dan berbuat untuk agama, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya, yang bermuara kepada kepentingan masyarakat banyak.

Oleh penulis : Robi Hermanto (wartawan bukan pengamat politik)