Beranda FAKTA & PERISTIWA
BERBAGI

Buruknya Drainase di Kota Pekanbaru , Lapangan Kantor MPP Tergenang

 

PEKANBARU , BUSER24.COM   — Memasuki musim pancaroba dimulai bulan September sampai bulan Desember , pemerintah selalu berjaga-jaga dan mengantisipasi perubahan iklim dari musim panas ke musim penghujan . Dari hasil informasi dari Badan Metrologi memasuki musim penghujan selalu terdengar adanya beberapa  daerah dataran rendah terdampak banjir .

 

Hal yang sama juga terjadi dikota Pekanbaru , dimana dua tahun terakhir dalam memasuki musim penghujan disetiap sudut kota Pekanbaru terlihat banjir dimana-mana . sabtu 26/09/2020 hampir merata kota Pekanbaru diguyur hujan kurang lebih hampir 3 jam .

 

Menanggapi banjir hampir diseluruh sudut kota Pekanbaru , Soni Amd , ketua umum LSM Lidik Kasus ( Lembaga Informasi data Investigasi Korupsi dan Kasus Lainnya ) angkat bicara , pancaroba perubahan musim setiap tahunnya selalu terjadi di Indonesia maupun di dunia , perubahan musim harus terjadi dibelahan bumi ini .

Namun yang sangat kita sayangkan , dua tahun terakhir ini kota Pekanbaru jika diguyur hujan 2-3 jam , kondisi kota Pekanbaru hampir merata digenangi banjir , ucap Soni .

 

Soni menambahkan , berbicata mengenai banjir yang terjadi di kota Pekanbaru , itu tidak terlepas dari buruknya tata kelola drainase di kota Pekanbaru . Disamping itu ,  Dari hasil investigasi kita dilapangan , keadaan drainase di kota Pekanbaru sangat memprihatinkan , kita tidak tau mana hilir dan mana hulu nya , bahkan kita juga banyak menemukan kondisi drainase banyak yang terputus-putus dan bahkan kondisinya tersumbat .

 

Perlu kita sampaikan juga , selama ini hampir setiap tahun anggaran dinas PU kota Pekanbaru sangat besar sekali , namun mengapa kondisi drainase nya ambaradul , ini juga masukan yang sangat berarti bagi Pemerintah kota Pekanbaru terutama dinas PU kota Pekanbaru  . Kita berharap kedepannya kepala dinas PU kota Pekanbaru agar fokus untuk memecahkan masalah drainase khusus buat jalan Hr Soebrantas Panam dan sekitarnya . Ironisnya lagi , akibat buruknya pembangunan drainase di depan kantor MPP ( Mall Pelayanan Pekanbaru ) halaman kantor MPP ikut tergenang hingga 30 cm , tegas Soni

 

Liputan Tim