Beranda DAERAH Tokoh Agama Bersama Warga Bandar Nagori Silau Kahean Gelar Jumat Gotroy Perbaikan...

Tokoh Agama Bersama Warga Bandar Nagori Silau Kahean Gelar Jumat Gotroy Perbaikan Jalan

BERBAGI

Buser24.com, Simalungun:

Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga beberapa waktu yang lalu telah melaunching program membangun infrastruktur Simalungun dengan konsep marharoan bolon ( Budaya Bergotong royong).

Dengan adanya konsep tersebut, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga meminta Pangulu atau kepala desa membentuk panitia Kegiatan bergotong royong.
Karena konsep tersebut merupakan salah satu upaya membangun infrastruktur Simalungun dimasa pandemi covid 19 saat ini.

Sama halnya dengan kegiatan bergotong royong yang dilaksanakan warga Bandar nagori kecamatan silau kahean Kabupaten Simalungun dalam perbaikan jalan sepanjang 2,5 km bertempat di jalan utama Nagori Bandar Nagori, Jumat 30/07/2021 pagi.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Pdt Jakardo Damanik Sth ( Pdt Resort Silau kehen ) Giono Asisten afd V kebun Silau dunia,Jaboli Sipayung , Johannes Sinaga Spd, Dasmuliadi ( Tokoh agama Kristen dan Islam ,Doharman Simanjorang, Erjon Sudirman Sinaga, Jesdin Damanik diantara beberapa panitia , aparat desa setempat , kelompok IPBN ( Ikatan Pemuda Bandar Nagori) beserta ibu ibu warga setempat.

Di sela sela kegiatan bergotong royong Doharman Sinaga salah seorang panitia kerja menyampaikan bahwa kegiatan ini diawali dari kepedulian warga dalam mengatasi jalan utama yang sudah lama rusak parah.
Kita bisa ketahui diluar daerah kita ini
Termasuk desa dolok masango kecamatan Bintang Bayu Kabupaten Sergai jalanan sudah di aspal.

Melihat serta merasakan bagaimana agar jalan ini layak di lalui , para tokoh agama bermufakat dan dipandu oleh Pendeta Jakardo Damanik membawakan keluhan jalan rusak ini ke Bapak Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga di kediaman Bupati di Pematangsiantar beberapa waktu yang lalu.

Respon baik dari Bapak Bupati dengan program Bergotong royong ( Marharoan bolon) Bupati memberikan dukungan material batu agar perbaikan jalan ini boleh segera teratasi dengan kata layak dilalui sebut Doharman.

Swadaya masyarakat sekitar dalam kegiatan tersebut merupakan dasar pengerjaan dengan arti itikad serius warga demi perbaikan jalan agar layak di lalui demi anak sekolah warga setempat pada jenjang SMP, SMA menuju Kecamatan Bintang Bayu atau sekitar serta demi meningkatkan perekonomian warga dalam menjual hasil bumi.

Dasmuliadi Damanik ( Tokoh agama Islam) sebutkan bahwa alat berat saat ini ada dua jenis yakni Bomag dan grader dalam membantu pekerjaan jalan ini dan alat berat tersebut bantuan perkebunan Silau Dunia untuk lingkungan.

Namun melihat situasi jalan ini dimana parit untuk menampung arus air jika penghujan sangatlah diharapkan alat jenis excavator agar bisa membuat parit , kita berharap pihak mana pun untuk memberikan dukungan alat dimaksud sebutnya.

Kegiatan Bergotong royong warga Bandar Nagori kecamatan Silau Kahean Simalungun dengan itikad idamkan jalan layak dilalui berjalan dengan baik. ( M. Saragih)