Beranda DAERAH Sungai Anak Aie Tonang Pasbar Meluap Rendam Rumah Warga

Sungai Anak Aie Tonang Pasbar Meluap Rendam Rumah Warga

BERBAGI

FPIISUMBAR.COM, PASAMAN BARAT – Hujan deras yang terjadi di daerah Jorong Kampung Alang, Kenagarian Muara kiawai, Kecamatan Gunung tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, akibatkan meluapnya sungai Anak Aie Tonang sehingga menggenangi beberapa rumah warga, Selasa (25/8).

Menurut penuturan salah seorang warga Aprisal, akibat curah hujan yang tinggi sejak siang tadi dan pendangkalan aliran sungai mengakibatkan Sungai Anak Aie Tonang tidak bisa menampung debit air, akibatnya sungai meluap dan menggenangi rumah warga.

“Diduga akibat pendangkalan aliran sungai di tambah tingginya curah hujan siang tadi sungai Anak aie tonang ini meluap sehingga menggenangi rumah,” ujar Aprisal.

Aprisal mengatakan banjir akibat meluapnya sungai anak aie tonang ini sering terjadi, apabila curah hujan tinggi seperti saat ini maka air akan langsung meluap menggenangi rumah warga.

“Meluapnya sungai Anak Aie Tonang ini bukan petama kalinya, bahkan dua hari yang lalu lebih parah dari ini sehingga menyebabkan tonggak pondasi rumah goyah dan toilet yang di belakang rumah hanyut terbawa air,” ujarnya.

Aprisal menambahkan, sebelumnya sudah dibuat tanggul penahan tebing dan normalisasi sungai tapi dalam beberapa tahun ini sudah tergerus air, sehingga mengakibatkan tebing sungai kembali tergerus air dan mengancam beberapa rumah disekitar aliran sungai tersebut.

Aprisal berharap kepada pemerintah agar dapat segera membangun tanggul penahan tebing dan memperdalam aliran sungai Anak Aie Tonang tersebut dan apabila turun hujan air tidak meluap kepemukiman warga lagi.

“kami mohon kepada pemerintah agar kembali mebangun tanggul penahan tebing dan melakukan normalisasi sungai, karena kami takut apabila menjelang musim penghujan ancaman banjir akan semakin besar,” tutupnya.(Tim)