Beranda SOSIAL BUDAYA PT. SRL 2 Dan PT. BDS Peduli Posyandu di Mamuju Tengah

PT. SRL 2 Dan PT. BDS Peduli Posyandu di Mamuju Tengah

BERBAGI

Buser24.Com,Mamuju Tengah (Sulbar) -Kepedulian PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) dalam bidang kesehatan kembali di tunjukkvan. Melalui anak perusahaannya, PT. Suryaraya Lestari 2 dan PT. Bhadra Sukses yang wilayah operasionalnya berada di lingkup kabupaten Mamuju Tengah, propinsi Sulawesi Barat.Kamis sampai dengan hari Jumat (9/10/2020).

AAL kembali menjalankan program CSR nya dalam bidang kesehatan yang dikemas lewat Program Pendampingan dan Pembinaan Posyandu Desa Binaan.

Sebanyak 12 Posyandu pada 7 desa dan 3 kecamatan di kabupaten Mamuju Tengah yakni: Posyandu Dahlia dan Posyandu Bukit Indah di desa Tobadak, Posyandu Melati di desa Mahahe, Posyandu Citra Warga di Desa Waeputeh, Posyandu Melati di desa Salugatta, Posyandu Nurul Ilmi, Posyandu Kuncup Harapan, Posyandu Teratai Mekar, dan Posyandu Teratai Indah di desa Tabolang, Posyandu Flamboyan di desa Pontanakayyang, serta Posyandu Dahlia dan Posyandu Harapan Baru di desa Babana menjadi sasaran Program Astra Sehat kali ini.

Total 60 kader posyandu yang menjadi binaan dalam program ini adalah kader-kader posyandu di Desa Binaan PT. Suryaraya Lestari 2 dan PT. Bhadra Sukses yang selama ini telah mendapatkan Pembinaan dan Pendampingan baik dalam bentuk pelatihan kader maupun dalam bentuk support dana insentif kader Rp 250.000,- per unit per bulan serta dana PMT (Pemberian Makanan Tambahan) juga Rp 250.000,- per unit per bulan.

Program pemberian bantuan insentif kader dan bantuan dana PMT ini secara berkelanjutan sebenarnya sudah berlangsung sekitar 8 tahun melalui program Revitalisasi Posyandu.

Disela-sela pelaksanaan kegiatan, Silmi Nathar selaku CDO mewakili Administratur PT. SRL 2 dan PT. BDS, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Program Pembinaan dan Pendampingan Posyandu Binaan ini sudah berjalan sejak tahun 2012 ketika itu dikenal dengan nama Program Revitalisasi Posyandu. Program awalnya menyasar unit-unit Posyandu yang luput dari perhatian sehingga perlu dibantu dari segi dana dan fasilitas.

“Program ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2012 dalam program revitalisasi posyandu oleh PT Astra Agro Lestari secara nasional. Awalnya program ini mengutamakan unit-unit posyandu yang masih sangat perlu dibantu, yang berada di wilayah desa pelosok yang susah dijangkau oleh kendaraan umum.

Tetapi seiring meningkatnya jangkauan wilayah pembangunan, maka silih berganti unit-unit posyandu yang dibantu berdasarkan pemerataan wilayah jangkauan program. Saat ini, bantuan mencakup 12 Posyandu Eksternal yang menjadi binaan PT. Surya 2 dan BDS dan tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun mendatang bertambah lagi atau sasaran unit bantuan dialihkan ke unit posyandu lain yang lebih membutuhkan.

Kami ingin tetap memberikan perhatian secara terus menerus untuk posyandu sebagai salah satu kontribusi kami dalam menyukseskan program pemerintah khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat. Harapan kami sumbangsih ini berkah sehingga bermanfaat adanya”, ucapnya.

Sementara itu, setelah serah-terima bantuan, ketua kader Posyandu Melati Desa Salugatta, Sulfiati mengungkapkan apresiasinya kepada perusahaan Astra dalam hal ini PT. Suryaraya Lestari 2 bahwa meskipun kita sedang dilanda pendemi covid 19 saat ini, namun perhatian dan kepedulian Astra kepada posyandu-posyandu binaannya tetap berjalan dengan berbagai program.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 2 karena dengan keberadaannya di wilayah ini sangat banyak membantu dengan program-program yang digulirkan. Salah satunya kepada kami ini yaitu pembinaan dan pendampingan kader posyandu melalui kegiatan Training Kader, Pemberian Insentif Kader, dan Pemberian Bantuan dana PMT. Selama ini sudah beberapa tahun kegiatan dan program seperti ini sudah berjalan.

Kami merasa sangat terbantu dengan adanya program kesehatan yang dijalankan ini. Semoga ke depannya, tetap berlanjut dan kalau perlu ditambah lagi programnya”, imbuhnya.

Hal senada juga dikemukakan oleh Andi Ibrahim, Pelaksana Program Astra Sehat. Menurutnya, PT Astra Agro Lestari, Tbk telah berkomitmen menjalankan program-program sustainability (berkelanjutan) seperti Astra Cerdas, Astra Sehat, Astra Hijau, dan Astra Kreatif di semua anak perusahaannya.

“Kepedulian PT Suryaraya Lestari 2 sabagai upaya mendukung dan mewujudkan desa binaan yang sejahtera diaplikasikan melalui program-program di berbagai bidang seperti Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan. Di bidang Kesehatan, kami melaksanakan Program Pembinaan dan Pendampingan Posyandu Binaan yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya berupa bantuan insentif kader posyandu dan PMT yang dilakukan saat ini.

Harapan kami, dengan program ini, perusahaan kami telah turut membantu kesejahteraan kader dan menyukseskan kegiatan-kegiatan posyandu yang rutin dilakukan oleh kader sehingga dapat membantu terwujudnya program pemerintah dalam bidang kesehatan khususnya Posyandu”, pungkasnya.(**Adv/Hamsa)