Beranda Kilas Berita Polda Sulbar Luncurkan Aplikasi Ayam Com “Aman Dan Nyaman”

Polda Sulbar Luncurkan Aplikasi Ayam Com “Aman Dan Nyaman”

BERBAGI

Buser24.Com, Kota Mamuju (Sulbar) -Dalam rangka mendukung program perintah membudayakan perilaku/kebiasaan baru dan menegakkan protokol kesehatan di masyarakat. Polda Sulbar telah membuat Aplikasi Ayam.com, Aplikasi yang berupa penegakan protokol kesehatan berbasis elektronik dengan mengikut sertakan peran aktif Masyarakat

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sulbar Irjend .Pol. Dr. Eko Budi Sampurno, kepada media online nasional buser24.com, melalui via seluler Selasa, (29/9/2020).

Lanjut Kapolda lebih rinci menyampaikan , Aplikasi l*“Ayam.com”* singkatan dari *Aman dan Nyaman.* Dimana saat ini aplikasi sudah di unduh kurang lebih 1363 anggota masyarakat dan terus dalam proses pengembangan.

Aplikasi Ayam.com saat ini masih berbasis Android yang kedepannya akan dihibrid dengan sistem operasi iOS (IPhone).Jelas Eko

” Yang menarik Aplikasi ini berbasis *Netizen Jurnalisme* masyarkat atau anggota (sudah teregister) dapat menjadi jurnalis yang dapat melaporkan setiap kejadian / pelanggaran langsung ke media Ayam.com selanjutnya penindakan dapat dilakukan secara online seperti pengoperasian *aplikasi E-Tilang* yang menggunakan CCTV, sedangkan untuk aplikasi Ayam.com . Laporan atau informasi disampaikan dengan cara mengunggah foto atau video pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat atau komunitas dengan menekan *tanda (+)* yang terdapat dibagian bawah halaman aplikasi dan meng-capturenya, gambar/video akan secara otomatis ter Upload kedalam sistem yang akan diverifikasi operator . Ulas Irjend .Pol.Eko Sampurno

Hasil foto atau video yang sudah diverifikasi akan diunggah dalam aplikasi, serta akan diteruskan ke petugas gabungan penanggulangan yang akan mendatangi pelanggar di lokasi atau kediaman dengan memberi hukuman sesuai dengan perda yang berlaku.

Untuk membuat menarik Aplikasi Ayam.com dibuat *User Friendly* dan *terUpdate* dengan menampilkan fitur:

1. *Tren* berisi tentang *berita nasional aktual* yang terkoneksi langsung ke media elektronik.

2. *Untukmu* memuat konten :
a. Peraturan perundang-undangan terkait Covid-19.

b. Edukasi dan kampanye tentang 3M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)baik dalam bentuk slide, animasi maupun video pendek.

c. Layanan publik Kepolisian.

d. Giat operasional Kepolisian.

e. Upaya peningkatan imunitas tubuh.

f. Informasi resep obat herbal.

g. Kappung Ulle (kampung Kuat).

h. Info lain

3. Fitur *Covid-19* berisi tentang

a. Informasi perkembangan Covid-19 yang Update baik secara Nasional, Provinsi dan Kabupaten/ Kota

b. Assesment Mandiri

4. *Penegakkan Hukum* berisi informasi

a. Penegakkan protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh Satgas penegak protokol kesehatan (terdiri dari Satpol PP, TNI, POLRI, Pengadilan dan Kejaksaan.

b. Penerapan Protokol Kesehatan berbasis komunitas

c. Penegakkan protokol kesehatan berbasis elektronik.

Lanjut Eko menjelaskan Adapun cara mengunduh aplikasi Ayam.com dengan cara

1. Buka link : Klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tedaindo.peoplespeak

Atau dapat di unduh langsung di *Playstore* dengan nama *ayam.com*

2. Unduh aplikasi Ayam.com
3. Install aplikasi Ayam.com
4. Buka aplikasi Ayam.com
5. Sign Up di aplikasi Ayam.com dengan memasukkan Nama lengkap, alamat email, nomor telepon dan jenis kelamin selanjutnya tekan tombol Sign Up.
6. Password untuk masuk ke aplikasi dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan
7. Masuk ke aplikasi Ayam.com dengan memasukkan alamat email dan password pada halaman Sign In
8. Lengkapi profil sebelum mengirimkan informasi di aplikasi Ayam.com
9. Apabila sudah melengkapi profil, pengiriman informasi di aplikasi Ayam.com sudah bisa digunakan .Jelas Kapolda Sulbar dengan rinci

Aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh Polda bila dalam pengembangannya kami akan meng-cluster Per- zona Polda dan Kedepannya Aplikasi ini tdk hanya digunakan pada saat pandemi covid-19 tapi juga untuk mempercepat penanganan laporan masyarakat terhadap masalah yang dihadapi,”Harap Eko.

Pembuatan Aplikasi Ayam.com karena melihat Netizen Jurnalisme (sebagai jurnalis bagi dirinya maupun masyarkat) sangat digemari kalangan milenial dengan berkembangnya Medsos .Namun masih banyak yang menggunakan tidak sesuai dengan kaidah- kaidah yang berlaku . Terang Kapolda Sulbar. Terang Kapolda Sulbar

“Insyaa Allah dengan dipulbishnya Ayam.com hobby menjadi wartawan bisa bermanfaat bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara .Intinya setiap anggota masy dapat memberikan informasi terkait Kamtib dilingkungannya ,selain dari itu media ini diharapkan akan menghilangkan gap antara masyarakat dengan Polri .Tegas Kapolda Sulbar . Irjend Pol.Eko Budi Sampurno. (**Lasteri)