Beranda FAKTA & PERISTIWA Abaikan Penanganan Sampah, DLH Nisel Giat Bangun Taman Rekreasi

Abaikan Penanganan Sampah, DLH Nisel Giat Bangun Taman Rekreasi

BERBAGI

Buser24.com, Nias Selatan :

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Giat   membangun taman rekreasi dari pada penanganan sampah.

Pada saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di ruang kerjanya kilometer 07 arah Lagundri, Jumat (18/09/2020), Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Nias Selatan, Hartawan Halawa mengatakan bahwa yang telah dia lakukan selama ini adalah hanya membangun taman rekreasi seperti pembangunan air mancur di TPI Pasir Putih kelurahan Pasar Telukdalam tahun 2019 walau hingga kini belum selesai dan termasuk pembangunan taman rekreasi di Puskesmas kecamatan Amandraya.

Menurut dia hanya fokus kebersihan, pembersihan sampah di ibukota kabupaten Nias Selatan (Telukdalam) serta pengangkutan sampah di tempat pembuangan sampah yang berlokasi menuju desa Soto’o Kecamatan Maniamolo.

Menjawab pertanyaan terkait lalat yang meresahkan warga sekaligus mengancam jiwa warga:, sampai sekarang penanganan atau pengolahan sampah di TPA belum dilakukan karena belum ada pegawai DLH yang bersertifikat soal pengolahan sampah.

Yang bisa kami lakukan adalah penggalian sampah yang artinya tanah digali lalu disitu ditumpukkan sampahnya baru di tutup kembali pakai tanah, ini kami lakukan sekali dalam setahun, Pukas Hartawan.

Menurut warga yang mau di rahasiakan identitasnya yang berdomisili di sekitar lokasi tempat pembuangan sampah tersebut, mengaku terganggu akibat bau busuk sampah dan juga menjadi sarang lalat sehingga rumah yang jarak 1 (satu) kilometer pun menjadi sasaran penyebaran lalat tersebut.

kami tidak pernah melihat mereka beberapa tahun ini menggali dan mengubur sampah, yang ada hanya buang sampah sudah selesai.

Kami sangat kuatir bahwa keberadaan TPA di lokasi ini akan mengancam kesehatan kami.