Beranda NASIONAL Wujudkan Program Pembangunan Desa, Pemdes Sei Karang Bersinergi Dengan PTPN III

Wujudkan Program Pembangunan Desa, Pemdes Sei Karang Bersinergi Dengan PTPN III

BERBAGI

Buser24.com, Galang :

Pemerintahan Desa Sei Karang sudah selesai melaksanakan Musrenbang Desa. Seluruh usulan warga telah dimasukkan untuk menjadi skala prioritas dalan rencana pembangunan tahun anggran 2021”, ujar Kepala Desa Muhammad Nur kepada Buser24.com, Senin (8/2/2021).

Setelah berbulan-bulan Pemerintahan Desa Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang dilanda prahara, kini Kepala Desa Muhammad Nur kembali bangkit membenahi Desanya.

Muhammad Nur sempat “litak” di demo beberapa warganya yang bekerja sama dengan salah satu LSM di Sumatera Utara.

Ia dilaporkan macam-macam oleh beberapa warganya. Mulai dari masalah penyelewengan dana desa hingga ketidakbecusannya dalam memimpin, menjadi bahan pembicaraan menarik di sebagian warganya.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dirinya, Kepala Desa Muhammad Nur tidak terbukti melakukan penyelewengan. Hanya secara administrasi, Kepala Desa dinilai kurang rapi.

Kini suasana di Desa Sei Karang tampak sudah kondusif. Warga yang tadinya sempat terbelah, kini sudah akur dan bersatu kembali. Hal itu terlihat dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Sei Karang, Selasa pekan lalu. Para pihak saling menghargai dan menghormati pendapat dan usulan masing -masing.

Menurutnya, dalam Musrenbang Desa Sei Karang yang dilaksanakan Selasa pekan lalu, banyak diusulkan warga soal jalan rabat beton, lening dan lampu penerangan jalan dusundusun serta pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Muhammad Nur mengungkapkan bahwa pihak manajemen PTPN III, yang dalam hal ini General Manajer Distrik Deli Serdang 2 Sei Karang sangat mendukung pembangunan di Desa Sei Karang. Sunergi Pemerintahan desa dengan pihak manajemen PTPN III terjalin cukup harmonis.

Kebetulan Desa yang berpenduduk 187 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 734 orang yang menyebar di lima dusun tersebut berada di dalam wilayah perusahaan perkebunan PTP Nusantara III, Sei Karang.

“General Manager PTPN III, Distrik Deli Serdang 2, Pak Dani Hasibuan cukup mendukung pembangunan di Desa Sei Karang. Banyak tiang listrik untuk penerangan jalan yang kita mohonkan diberikan beliau. Kalau kita beli satu tiang mau mencapai Rp 1,5 juta pertiangnya”, ujar Muhammad Nur seraya mengucapkan terima kasihnya kepada segenap pimpinan dan staf serta karyawan PTPN III, Distrik Deli serdang 2.

Untuk mengejar ketertiggalannnya dari desa desa lainnya di Kecamatan Galang, khususya dalam mewujudkan program Pemerintah Kecamatan mengenai GBGM (Gerak Bersama Galang Membangun), Muhammad Nur mulai membenahi pemerintahan desanya. Baik masalah administrasi maupun pembangunan imprastruktur.

Tidak hanya itu, Kepala Desa Muhammad Nur juga mengajak masyarakatnya untuk meningkatkan semangat kebersamaan melalui spirit kegotoroyongan dan infaq sedekah guna disalurkan kepada saudara yang fakir dan anak yatim.

Seperti beberapa hari lalu, Warga Dusun V daerah bekas jalur Kereta Api mengadakan gotong royong membersihkan lahan semak belukar di sekitar rumah warga. Lahan yang dipenuhi rumput dan ilalang dibersihkan guna menghindari binatang berbisa, ular, lipan dan kalajengking bersarang di daerah itu.

Selain membersihkan tempat tempat yang semak belukar, warga juga menebang pohon mati yang mengancam dapat menimpa warga dan rumah penduduk.
(Mas Bagus)