Beranda Kilas Berita Wabup Meranti Tinjau TPS Sementara, Harapkan Kesadaran Warga Jaga Kebersihan Dan Keindahan...

Wabup Meranti Tinjau TPS Sementara, Harapkan Kesadaran Warga Jaga Kebersihan Dan Keindahan Kota

BERBAGI

Buser 24 com. Meranti. Rendahnya kesadaran warga dalam menjaga kebesihan dan keindahan kota karena acap kali membuang sampah sembarangan membuat risau Wakil Bupati Meranti AKBP. (Purn) H. Asmar, agar hal itu tak terus terjadi Wabup melakukan peninjauan di TPS Sementara Jalan Rumbia, Selatpanjang, disitu Wabup meminta kepada Dinas Lingkungan dan Pol PP untuk mempergencar sosialisasi dan pengawasan kepada warga yang bandel agar lebih peduli, Selasa (25/5/2021).

Turut mendampingi Wabup H. Asmar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. H. Irmansyah M.Si, Camat Tebung Tinggi Hery Gunawan, Kabid Lingkungan Hidup Husni Mubarak, Humas Protokol Meranti.

Dari pantauan media, Wabup H. Asmar tampak risau melihat rendahnya kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan dan keindahan kota, dibuktikan dengan masih banyaknya plastik sampah berserakan hingga kebadan jalan. Padahal Dinas Lingkungan Hidup telah menyediakan Bak sampah yang berada tepat ditepi jalan TPS Sementara. Ia berharap kedepan kejadian ini tidak terus terjadi dan meminta Dinas Lingkungan Hidup dapat mencari solusi dalam upaya menumbuhkan kesadaran warga.

“Kami melihat masih banyak warga yang enggan membuang sampah kedalam Bak yang telah disediakan buktinya sampah berserakan hinga kebadan jalan,” ujar Irmansyah.

Untuk mengatasi masalah ini Dinas Lingkungan Hidup Meranti dengan pasukan kebersihannya terpaksa harus mengumpulkan kembali sampah yang berserakan dijalan untuk dimasukan kedalam Bak atau TPS sementara agar jalan kembali bersih dan nyaman dilalui.

Bahkan untuk memberikan efek jera, pihaknya diakui Irman, beberapa kali melakukan tangkap tangan kepada warga yang membandel untuk diberikan sanksi tegas sesuai dengan Peraturan Bupati. Adapun sanksi yang dikenakan kepada warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan adalah membayar denda maksimal 500 ribu rupiah.

“Terakhir kami sudah menangkap tangan 2 orang warga pembuang sampah sembarangan untuk diproses oleh Satpol PP dalam hal ini penyidik PPNS yang ada disana,” jelas Irmansyah.

Irman mengaku akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan disekitar TPS dengan menempatkan petugas di TKP untuk menindak warga yang membandel, kedepan ia berharap kejadian serupa tak terulang lagi.

Selain meminta sterilisasi sampah dibadan jalan Wabup H. Asmar juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk meratakan sampah yang tampak menggunung disertai penimbunan agar lebih elok dipandang mata, selain itu tanah akan lebih subur dan dapat ditanami.

Menindaklanjuti permintaan Wabup ini, Kadis Lingkungan Hidup H. Irmansyah langsung bergerak cepat dengan mengerahkan Ekscavator kelokasi TPS Sementara Rumbia, karena jika menggunakan tenaga manusia akan memakan waktu lama.

“Ni kita lagi menunggu kedatangan Ekscavator untuk meratakan sampah agar lebih cepat dan maksimal,” pungkas Irmansyah..