Beranda SOSIAL BUDAYA Sosialisasi Dan Konsolidasi Tentang Penanaman Pohon Serta Pembuatan Pupuk Eco Enzim

Sosialisasi Dan Konsolidasi Tentang Penanaman Pohon Serta Pembuatan Pupuk Eco Enzim

BERBAGI

Buser24.com, Tanah Karo (Sumut)-Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia DPD LSM LPRI Sumatera Utara mengundang peraih piagam Kalpataru tahun 2003, Paris Sembiring sang pelopor Bank Pohon bertempat di Hotel Tongging Beach Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo ,Sabtu (19/6/2921) pukul 13:32

Pertemuan Sosialisasi dan konsolidasi tentang cara penanaman dan menumbuhkan pohon serta cara pembuatan pupuk eco enzim yang dipaparkan langsung oleh bapak Paris Sembiring.

Ketua DPD LSM LPRI Sumut, Rusmadi Lubis SH SOS dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Paris Sembiring sebagai Peraih Piagam Kalpataru tahun 2003 ini, menambah semangat dan inovasi kerja keras di kelembagaan Lsm LPRI yang sedang menggalakkan program penamaman sejuta pohon di areal yang sudah gundul.”Dan setidaknya, agar keanggotaan bertambah semangat melaksanakan kegiatan ini dengan sepenuh hati,”cetusnya.

Mendengar arahan tersebut, kepala Desa Tongging Jhonson Simarmata mendukung sepenuhnya atas program dan kegiatan tersebut,serta menghimbau dan mengajak masyarakat Desa Tongging untuk turut berpartisifasi atas program pemerintah. “Agar masyarakat desa Tongging siap bekerja dengan Semboyan” Tongging is Well Come” katanya.

Selanjutnya, Paris Sembiring memaparkan cara merawat pohon ,dan
membuat pupuk eco enzim yg sudah dipersiapkan, untuk itu masyarakat perlu mengetahui bahwa pembuatan Pupuk Eco Enzim sangat relatif murah dan mudah, tidak menghabiskan banyak uang ,cukup mengambil sampah buah buahan.

Misalnya, kulit nenas, pepaya, semangka, jeruk,buah naga melon,marguisa dicampur dengan Molase atau Gula Merah di tambah air sesuai takar 3(tiga) kg sampah buah,1 (satu)liter molase ,10(sepuluh) liter air lalu diaduk ke dalam Tong kemudian dipermentasikkan selama 3(tiga) bulan.

“Dengan kegunaan pupuk eco enzim itu,  bisa menyuburkan tanaman pertanian dengan cara penyemprotan.Dan fungsi lainya, berguna untuk menyetrilkan air,seperti air danau toba yang sudah tercemari,” paparnya.

Kemudian, dilakukan penanaman pohon dan penuangan 15 liter Eco enzim ke danau toba yang dipimpin Paris Sembiring Dewan Penasehat PBB (Pemuda Batak Bersatu) Kecamatan Merek JH Malau, Wakil Ketua IPK Kecamatan merek Anju Malau Simarmata, dan diikuti oleh
utusan masyarakat dari Kabupaten Dairi Rastoni Sitohang berserta DPD LSM LPRI Sumatera Utara.(Ebenezer Tarigan).

Editor:AS