Beranda FAKTA & PERISTIWA Sekda Kamsol Lantik DPD AGPAII Kep. Meranti 2020-2025, Harap Jadi Garda Terdepan...

Sekda Kamsol Lantik DPD AGPAII Kep. Meranti 2020-2025, Harap Jadi Garda Terdepan Pembinaan Moral, Spritual dan Budi Pekerti Generasi Lenerus Meranti

BERBAGI

Buser24.com, Meranti – Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. Kamsol MM, melakukan Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (DPD-AGPAII) Kep. Meranti Masa Bakti 2020-2021, dalam kesempatan itu Sekda berharap AGPAII dapat semakin meningkatkan fungsinya dalam membina Moral, Spritual dan Budi Pekerti kawula muda Meranti menuju daerah Madani, bertempat di Aula SMAN 2 Tebing Tinggi, Senin (2/10/2020).

Hadir bersama Sekda Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Ka. Kemenag Meranti Agustiar SAg, Ketua DPW AGPAII Provinsi Riau Dedy Syuhada, Ketua DPW AGPAII Kep. Meranti Mukhtaruddin MPd, Ketua MUI Meranti H. Mustafa MAg, Kepala SMAN 2 Tebing Tinggi, Perwakilan Dinas Pendidikan Meranti, serta Para Guru dan Pengurus AGPAII serta tamu lainnya.

Seperti dijelaskan panitia pelaksana, pelantikan Pengurus AGPAII ini sesuai dengan Musda AGPAII Kep. Meranti yang dilangsungkan pada tanggal 19 September 2020 lalu. Dimana telah menetapkan Ketua AGPAII Kep. Meranti 2020 adalah Mukhtaruddin M.Pd, dengan Sekretaris Sekretaris Husni Thamrin, dan Bendahara Herlijuliati.

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan SK Pelantikan AGPAII Kep. Meranti oleh Ketua I AGPAII Provinsi Riau Syahruddin M.Pd, yang dilanjutkan dengan pelantikan oleh Sekda Meranti yang ditandai dengan pengucapan janji oleh Sekda dan diikuti oleh Pengurus yang dilantik. Dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pataka AGPAII oleh Ketua AGPAII Provinsi Riau Dedy kepada Ketua DPD AGPAII Meranti Mukhtaruddin.

Menyikapi pelantikan itu dalam sambutannya Sekda Kamsol menjelaskan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa tantangan terhadap fenomena kehidupan beragama terutama pada sikap dan prilaku generasi muda. Untuk itu Guru Pendidikan Agama Islam (GPAII) yang bernaung dalam AGPAII Kepulauan Meranti dituntut untuk dapat berperan secara aktif dalam pembinaan nilai-nilai agama kepada peserta didik sehingga kedepan menjadi insan yang memiliki moral, spirituap dan budi pekerti yan baik.

“Agar tidak terlambat hal ini harus dilakukan sejak dini yakni mulai dari bangku sekolah, disitulah tugas GPAI yang tidak dimiliki oleh guru yang mengajar pelajaran umum,” ujar Sekda.

Kemudian ditambahkan Sekda, sebagai garda terdepan dalam membina nilai-nilai keislaman kepada siswa para guru yang tergabung dalam AGPAII harus terus meningkatkan kompetensi, memberdayakan potensi sebagai ikhtiar mengembangkan mutu proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang optimal.

Dan yang tak kalah penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan memudahkan urusan administrasi dan lainnya Sekda berharap AGPAII dapat terus menjalin komunikasi yang intens dengan Kemenag dan Pemerintah Daerah sehingga tercipta sinergitas dalam pelaksanaan program dan penyebaran informasi penting lainnya.

Kemudian sebagai tenaga pengajar AGPAII juga diminta untuk terus mendorong peningkatan partisipasi atau lama sekolah anak anak Meranti yang faktanya masih sangat rendah. Hal ini menurut Sekda sangat penting karena akan berpengarus terhadap perkembangan dan kemajuan Meranti kedepan.

Terakhir Sekda berharap AGPAII hendaknya dapat menjadi tempat bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) agar memiliki komitmen dalam meningkatkan mutu keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah peserta didik, sehingga mampu menjadikan peserta didik menjadi insan yang tak mudah terpengaruh terhadap hal-hal negatif yang merugikan.

Dan saling bekerja sama dengan organisasi profesi, instansi dan lembaga terkait dan yang relevan, agar mampu mengemban amanah yang diberikan dan bertanggung jawab dalam membangun peradaban di masa depan yang damai, ramah dan yang didasarkan kepada nilai-nilai Rabbani atau Ilahiah. (zamri)