Beranda FAKTA & PERISTIWA Secara Virtual, Diskominfo Langkat Ikuti ASKOMPSI dan Evaluasi Lanjutan Tahap II

Secara Virtual, Diskominfo Langkat Ikuti ASKOMPSI dan Evaluasi Lanjutan Tahap II

BERBAGI

Buser24.Com, Langkat (Sumut) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Langkat secara virtual, mengikuti kegiatan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi seluruh Indonesia (ASKOMPSI) yang bekerjasama dengan Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota seluruh Indonesia (FORKASI), dari ruang LCC Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan yang sehubungan dengan peringatan hari Pahlawan tahun 2020 ini, didukung oleh ATSI dan Apjatel guna menyelenggarakan ASKOMPSI  Communication Award.

Dari Langkat, virtual langsung dipimpin Kadis Kominfo Langkat H.Syahmadi didampingin jajarannya, yakni Sekdis Diskominfo Trio pranata Sembiring,  Kabid PTAI M. Nas Arif Syahputradan Kabid PTJT Eliana.

Syahmadi menjelaskan, penyelenggaraan ASKOMPSI  Communication Award ini, akan diberikan kepada kementerian dan lembaga non kementerian beserta pejabatnya, yang berkinerja baik dalam membangun sinergitas pusat dengan daerah, serta pemerintah daerah yang berkomitmen tinggi dalam mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Jadi, sambung Syahmadi, kegiatan ini bertitik tekan pada pemersatuan persepsi pelaksanaan smart city sebagai smart nasional. Sebab, jika hal ini dapat terwujud tidak ada lagi smart city yang berbeda beda dari setiap daerah.

“Maka untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya sinergi yang baik oleh seluruh pihak yang terlibat,”sebutnya menjelaskan arahan dari virtual tersebut.

Alasan hal ini sangat diperlukan, kata Syahmadi, untuk  memberikan layanan telekomunikasi yang baik kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa adanya diskrimasi sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat.

Selanjutnya ditambahkan Sekdis Kominfo, saat ini juga diperlukannya untuk terus membangun dan menyediakan jaringan komunikasi secara menyeluruh, dengan harapan tidak adanya lagi daerah  blank spot di semua daerah. Agar semua elemen dapat menggunakan dan menikmati jaringan komunikasi secara merata dan baik.

Maka sebab itulah, sebut Trio, para penyelenggara jaringan komunikasi sangat berharap bantuan dan kerjasama dari seluruh Kepala Dinas Kominfo untuk dapat membantu, guna mempermudah pembangunan pengadaan serta  penyediaan fasilitas jaringan di daerah.

Dihari sebelumnya ( Selasa, 10/11/2020) dari lokasi yang sama, Kadis Kominfo didampingi Kabid IKP Diskominfo Langkat M.Faisal, mengikuti evaluasi lanjutan tahap II (Tahap Wawancara) Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Nasional yang diselenggrakan oleh Kemenpan-RB RI.

Diketahui, terang Syahmadi, Kabupaten Langkat menjadi satu satunya perwakilan Provsu yang terpilah sebagai top 46 nasional, dalam penilaian lapor SP4N sistem pengaduan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Hal ini, berdasarkan hasil rapat pleno tim evaluasi tanggal 27 oktober 2020, sebagai tindak lanjut verifikasi proposal sesuai dengan ketentuan dalam keputusan MENPAN RB No.190 tahun 2020, tentang penyelenggara kompetisi pengelolah pengaduan pelayanan publik tahun 2020.

“Masuk ke tahap persentasi dan wawancara,” terangnya.

Ditambahkan Kabid IKP, proses pengelolaan pengaduan di Langkat, selalu dilakukan pengawasan dan pengarahan langsung oleh Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui grub WA lapor-SP4N Kabupaten.

“Grub tersbeut  berisi Bupati Langkat dan seluruh kepala OPD, sehingga setiap laporan otomatis dan cepat di tanggapi oleh prangkat daerah atau instansi terkait. Ditanggapinya tidak lebih dari 3 hari,”ungkapnya. (RED/HAN)