Beranda Kilas Berita Penggiat Pemerhati Lingkungan Varis Sembiring Nilai Kelompok LPHD Desa Pasar Layak  Sebagai...

Penggiat Pemerhati Lingkungan Varis Sembiring Nilai Kelompok LPHD Desa Pasar Layak  Sebagai Calon Penerima Kalpataru Penyelamat Lingkungan Tahun 2021

BERBAGI

Buser24.com |  Langkat ( SUMUT).

Lembaga Penanaman Hutan Desa ( LPHD) Pasar Rawa salah satu kelompok penggiat hutan desa di Sumatra Utara yang di usulkan sebagai calon penerima Kalpataru Penyelamat Lingkungan Tahun 2021 dari Kementrian Kehutanan Dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya bakal di serahkan Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo tidak lama lagi ,setelah lewat usulan BPDASHL Wampu Sei Ular Medan.

Bersama Varis Sembiring Tokoh Penggiat Pemerhati Lingkungan Hidup , juga di dampingi unsur Pemerintahan Desa Pasar Rawa, BPD, masyarakat lakukan Goes sekaligus tinjau hampir 300 Ha lokasi hutan mangrove Kelompok LPHD, dengan titik Start Simpang Desa Pasar Rawa – Kelurahan Pekan Gebang , Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumut, Minggu ( 21/3/2021) sekira pukul 09.30 wib.

Kades Bambang AS, SH ketika di kompirmasi terkait peran sertanya sebagai pemimpin di Desa Pasar Rawa adalah calon penerima Kalpataru Penyelamat Lingkungan satu satu nya mewakili Sumut, di sela kesempatannya , terkait tinjau lokasi mangrove dan Goes, Dia mengatakan “Dengan sudah selesai penanaman mangrove ini Desa Pasar Rawa punya program kedepan nya, jelas taraf hidup nelayan Gebang bakal meningkat hasil tangkap ikan, udang, kepiting.

Kita sangat berharap dan mudah mudahan Kalpataru.Penyelamat Lingkungan ini dengan Ridho dan ijin dari Allah SWT bisa kita dapatkan.

Pasa Rawa memiliki hutan wisata mangrove kedepannya , sebagai objek wisata, sumber prekonomian nelayan setempat, paru paru dunia, Kata Bambang AS,SH di dampingi , Siswanto Sekdes, Padli ketua BPD, Parma Sidabutar Wakil ketua BPD, Putra Kadus Kelantan Luar.

Dengan terus gencarnya kegiatan LPHD Desa Pasar Rawa sebagai calon penerima penghargaan Kalpataru dari Kementrian Lingkungan Hidup calon di Sumatra Utara satu satunya, sampai sampai turun nya Tokoh Penggiat Pemerhati Lingkungan Hidup Varis Sembiring, Ketua LPHD Desa Pasar Rawa Rudi Irwansyahputa ketika di kompirmasi mengatakan,

Di harapkan masyarakat paham akan artinya penting nya hutan mangrove, kita apresiasi dan bangga Tokoh Penggiat Pemerhati Lingkungan Hidup Varis Sembiring mau meninjau lokasi hutan mangrove di Gebang.

Dengan ada nya kegiatan hari ini semoga membawa manfaat buat kelestarian hutan mangrove untuk anak cucu kita nantinya, Jelas Rudi Irwansyahputra.

Tokoh Penggiat Pemerhati Lingkungan Varis Sembiring yang juga mantan penerima Kalpataru Tahun 2003 sebagai kategori Pembina Lingkungan Hidup di masa mantan Presiden RI. Megawati Sukarno Putri dalam peninjauan nya di lokasi hutan mangrove LPHD Desa Pasar Rawa mengatakan,

Kedatangan kami selaku Penggiat Pemerhati Lingkungan Hidup ke mari terkait LPHD Desa Pasar Rawa adalah sebagai calon penerima Kalpataru Penyelamat Hutan melalui usulan BPDASHL Wampu Sei Ular Medan yang telah melaksanakan begitu baik nya penanaman dan perawatan hutan mangrove di bawah LPHD Desa Pasar Rawa yang di Ketuai Rudi Irwansyahputra beserta seluruh pengurus dan anggota.

Juga tidak lupa dukungan dan peran serta Bapak Bambang AS, SH jajaran juga BPD, peranserta masyarakat.Dari pantauan kami di lapangan umur mangrove yang ada ini dari awal tanam 2 – 5 Tahun sangat bagus pertumbuhan nya, Jelas Varis Sembiring.

” Saya sangat apresiasi atas kinerja LPHD Desa Pasa Rawa yang telah menyelamatkan hutan mangrove ini, Saya salut dan bangga kerja keras mereka, menurut penilaian Saya mereka layak menerima Kalpataru Penyelamat Lingkungan dari Bapak Presiden RI Ir.Joko Widodo”, Kata Varis Sembiring yang akrab di sapa Bolang yang juga sebagai penerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Lingkungan Hidup dari Presiden RI.

Selain penilaian penanaman dan perawatan mangrove, yang utama adalah kekompakan dan kebersamaan , kerja sama kelompok LPHD Desa Pasar Rawa.

Untuk di ketahui di dalam bagai macam Kalpataru itu ada 4 jenis kategori nya, yaitu Perintis Lingkungan, Penyelamat Lingkungan, Pembina Lingkungan, Pengabdi Lingkungan.

Untuk LPHD Desa Pasar Rawa yang di ketuai oleh Rudi Irwansyah Putra ini masuk dalam kategori Penyelamat Lingkungan, dari hasil tinjauan kami di lapangan Kelompok LPHD Desa Pasar Rawa yang di Ketuai oleh Rudi Irwansyahputra layak menerima Kalpataru Penyelamat Lingkungan, Tandas Varis Sembiring.

Setelah sebelum nya ada 8 kelompok yang pernah kita usulkan , kesemuanya gol sebagai penerima Kalpataru,
Jadi dari hasil pantauan dan pengamatan kami Kelompok LPHD Desa Pasar Rawa ini berjalan dan layak sebagai Calon Penerima Kalpataru Penyelamat Lingkungan, Imbuh Varis Sembiring.

Darmanta Sitepu selaku Staf yang mewakili BPDASHL Wampu Sei Ular Medan menurut Rudi Irwansyahputra masih dalam perjalanan menuju lokasi,seyogya nya beliau hadir pagi terpaksa agak telat di karenakan sesuatu hal, ujar Rudi Irwansyahputra.

Dalam kesempatan tersebut usai melakukan peninjauan hutan mangrove, di lanjutkan dengan pemberian arahan, masukan sekaligus motivasi kepada seluruh Anggota LPHD Desa Pasar Rawa, dengan harapan agar lebih meningkatkan kinerja, kebersamaan dan pemahaman sekaligus edukasi pentingnya hutan mangrove sebagai kelangsungan hidup manusia sebagai paru paru dunia, ekowisata mangrove, sumber kehidupan biota laut seperti ikan, udang, kepiting, untuk peningkatan taraf hidup nelayan.

Reporter : AYR