Beranda HEADLINE Masyarakat Bisa Manfaatkan Tes Swab Gratis di Kelurahan Galang Kota

Masyarakat Bisa Manfaatkan Tes Swab Gratis di Kelurahan Galang Kota

BERBAGI

Buser24.com, Deli Serdang,Galang – Sebagai dari komitmen tinggi Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah Kelurahan Galang Kota melalui Dinas Kesehatan setempat melaksanakan pemeriksaan tes swab kepada seluruh warga kelurahan yang ada di Galang Kota Pemeriksaan tes swab yang digelar perdana mulai Rabu,10 Desember 2020 itu diberikan secara gratis dan dilaksanakan di Balai Umum Kantor kelurahan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dalam suratnya nomor : 010/1075 tanggal 8 Desember 2020, Camat Galang meminta agar seluruh Kepala Desa / Kelurahan se-Kecamatan Galang melakukan sweb massal di Desa/Kelurahan masing-masing.

Swab di Kelurahan Galang Kota
Menindak lanjuti surat yang ditandatangani Camat Galang, Asma Fitriyan Syukri Parinduri tersebut, Lurah Kelurahan Galang Kota, Kamis (10/12/2020) melakukan sweb massal kepada warganya.

Usai memonitoring pelaksanaan tes swab di Kelurahan Galang Kota Kecamatan Galang Kab Deli Serdang Kamis(10/12/2020),Camat Galang Asma Fitriyan Syukri.SSTP.Msi.Yang Di dampingi Kapolsek AKP RGM Hutagalung SH,Danramil 18/Glg Kapten Inf Noor Rosid,Serta Lurah Galang Kota Rudi Harmoko S.Sos. M.AP,dan Kapus dr Henny Andriani mengungkapkan bahwa masyarakat Kota Galang dapat memanfaatkan layanan tes swab gratis ini dengan datang ke kelurahan sesuai jadwal yang telah ditentukan mulai pukul 09.00-11.00 WIB.

Sementara Camat Galang, Asma Fitriyan Syukri SSTP M.Si yang turut memantau pelaksanaa kegiatan swab tes berharap sweb massal tersebut mampu memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 secara dini di wilayah Kecamatan Galang.

“Sweb masaal ini salah satu upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid 19. Dan kita berharap semoga semuanya berjalan baik dan Galang terbebas dari pewnyebaran ovid 19”. Sebut Camat.

“Hari ini merupakan hari pertama pemeriksaan Covid-19 melalui pengambilan sampel tes swab bagi warga Galang Kota di VIII Lingkungan, hari ini digelar di Kelurahan Setelah kami pantau,Alhamdulillah berdasarkan data pemantauan terakhir di Kelurahan Galang Kota sudah ada 51 orang warga setempat yang telah mengikuti tes swab, ditambah juga ada pegawai Kelurahan dan Kepala Lingkungan yang pada saat pemeriksaan tes swab di kantor Kelurahan, terang Camat Asma Fitriyan Syukri.

Lurah Kelurahan Galang Kota, Rudi Harmoko S.Sos M.Si, mengatakan kegiatan tes swab ini dilakukan dengan menggunakan sampel lendir yang diambil dari hidung atau tenggorokan.

Kemudian sampel lendir yang diambil dengan menggunakan swab tes diperiksa di laboratorium dengan menggunakan metode Polumerasi Chain Reaction ( PCR) ,” jelas Lurah Rudi.

Melalui kegiatan swab tes masal ini setidaknya mampu mengetahui secara dini apakah di tubuh seseorang tersebut ada tidaknya virus Corona.

“Dengan hasil sweb ini nantinya Kelurahan Galang Kota dapat diketahui kondisi masyarakatnya apakah ada tertular atau tidak. Harapan kita Kelurahan Galang Kota tidak ada yg tertular covid.

Apabila hasil swab tes ada yang positif Covid 19,ungkap Rudi Harmoko , setidaknya dapat langsung diambil tindakan seperti isolasi diri, sehingga tidak sampai menyebar ke orang lain.

Menurut Lurah Galang Rudi Harmoko tingkat animo masyarakat sudah cukup tinggi  dengan kesadaran diri mengikuti tes swab perdana hari ini. Dengan pemeriksaan tes swab ini, status kesehatan masyarakat bisa diketahui apakah terpapar virus Covid-19 atau tidak.

Jika terkonfirmasi positif, maka bisa dilakukan penanganan sejak dini agar tidak menularkan ke oranglain terutama ke kerabat dan teman dekatnya. Rudi Harmoko mengajak masyarakat Kota Galang untuk mengikuti swab tes gratis di kelurahan setempat dengan membawa persyaratan KTP dan mencantumkan nomor hp.

“Sebenarnya dengan pemeriksaan tes swab ini sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga, ketika kita tahu bahwa status kita negatif,maka kita aman dan tenang, dan tidak perlu takut terinfeksi.

Namun,seandainya terpapar, kita melindungi keluarga, teman-teman kita dari paparan virus Covid-19 tersebut, terlebih jika mereka mampmelewati ketika terpapar, kalau tidak akan berakibat ketika mereka memiliki penyakit kormobit, dikhawatirkan timbul gejala dan memperparah sakit yang diderita selama ini.

Yang terkonfirmasi positif nanti akan kami hubungi untuk bisa ditangani supaya bisa menjalani isolasi mandiri di rumah maupun jika tidak memungkinkan di rumah, kami fasilitasi di rumah isolasi Gedung Diklat,”tegas Rudi.

Salah satu warga Lingkungan satu Agus yang memanfaatkan layanan tes swab gratis di kelurahan Galang menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Galang yang telah memfasilitasi tes swab gratis ini, sehingga ia tidak perlu membayar tes swab mandiri berkisar Rp900 ribu seperti yang telah ditetapkan pemerintah.

Meski sempat khawatir pada awalnya, namun Agus mengaku memberanikan diri untuk mengikuti tes swab pertama kali bagi dirinya ini. Hal ini dilakukan demi kesehatan dan keselamatan dirinya dan orang-orang terdekatnya.

“Sangat bagus sekali dan saya sangat apresiasi atas adanya layanan tes swab ini, prosedurnya sangat mudah dan cepat.

Awalnya saya sudah pernah tes rapid, walaupun hasilnya non reaktif tapi saya tetap mencoba ikut tes swab pertama kali ini bagi saya. Awalnya memang ada rasa khawatir tapi ternyata ketika diambil sampel tidak sakit dan ketika sudah dijalani tidak ada masalah, apalagi ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. (L bagus)