Beranda ENTERTAINMENT Louncing Ruang Praktek Jurusan Nautika Siswa SMKN 4 Pangkalpinang

Louncing Ruang Praktek Jurusan Nautika Siswa SMKN 4 Pangkalpinang

BERBAGI

Buser24.com-Pangkalpinang. Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Pangkalpinang Bangk belitung terus melakukan inovasi pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang kemaritiman dan kelautan. Dengan tujuan mendorong pengetahuan kepada siswa SMKN- 4 membuka ruang Praktek Taruna/I Program keahlian nautika kapal niaga nantinya yang profesional dibidangnya.

Dengan pola kemaritiman mengkedepankan teknologi bernavigasi diatas kapal dengan pengenalan alat navigasi secara langsung yang dapat diperagakan oleh Siswa SMKN4 pada waktu praktek dan diterapkan dilapangan nantinya.

Disambut pedang pora oleh Taruna/I SMKN 4 Gubernur Prov kepulauan Bangka belitung memasuki halaman Gubernur provinsi kepulaun bangka belitung, Erzaldi Rosman bersama jajarannya menyemangati program Pendidikan tersebut dengan meresmikan ruang praktek siswa SMKN 4 jurusan nautika, 8/2/2021

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, ErzLdi Rosman dalam kesempatannya menyampaikan
dengan adanya Ruang Praktek Siswa yang baru dan ruang ini sudah lama dinanti nantikan oleh para siswa sendiri dan Insyaallah bulan depan akan ada  kapal yang akan dijadikan sarana Praktik Kapal Verra , dan itu khususnya untuk melayani parawisata, sebagian kita ketahui semua SMK dibangka belitung ini akan didorong untuk BLUD (Badan Layanan Usaha Daerah) Sehingga dalam Praktiknya nanti diharapkan para Siswa dapat berkembang dan bisa mengurus berdikari.

Erzaldi Rosman mengakui peningkatan dari pengembangan
dalam 3 (tiga) tahun ini, SMK NEGERI 4 khususnya SMK Perikanan, dilihat dari minatnya bertambah dan sarana praktiknya pun bertambah hingga dengan begini Sumber Daya Manusianya (SDM) akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya, di Pangkalbalam sendiri sangat banyak Kapal kapal yang kekurangan tenaga kerja khususnya ahli Nautika dan Pelayaran.

Harapan ini dan seterusnya akan dtambahkan lagi sarana sarana untuk praktik mengingat dunia usaha dan Industi di Bangka Belitung ini semakin berkembang, contoh seperti tahun ini akan dibangun Pabrik Pengelola Udang Fanamik bekerjasama dengan Pelayaran Kapal Praktik dari Korea Selatan, Kapal praktik ini adalah Kapal pengelolah hasil ikan yang berlayan dari Korea dan mampir di Kepri , diteruskan mampir ke Bangka Belitung dan balik lagi ke Korea. Dijelaskan bahwa didalam Kapal tersebut mengelolah hasil ikan secara langsung yang di mualai dari pengupasan pendinginan dan pembekuan.

Disampaikan pula oleh Zulkarnain selaku kepala SMKN 4 Pangkalpinang
Jumlah Siswa SMK NEGERI 4 Pangkalpinang saat ini mencapai
726 siswa/I dan dengan Guru pengajar sebanyak 45 orang diluar kepala sekolah dan untuk saat ini mereka juga sudah ada kapal dengan ukuran 18 Ton yang memadai jadi dalam sekali praktik bisa mengawaki sebanyak 15 Siswa, terdapat 30 Siswa, dalam 30 Siswa dibagi dua,15 Siswa dilaut,15 Siswa lagi di darat untuk teori hingga nanti akan menambahkan untuk MKPI  menjadi empat hari dilaut.

Reporter : Firdaus