Beranda FAKTA & PERISTIWA Km Sanjaya 3 Terbakar Di Utara Pulau Bangka, HSNI Himbau Jaga Keselamatan...

Km Sanjaya 3 Terbakar Di Utara Pulau Bangka, HSNI Himbau Jaga Keselamatan dan Komunikasi

BERBAGI

Buser24.com- Bangka. Naas bagi kapal KM Sanjaya 3 Perahu motor nelayan diawaki oleh Takdir, Reski, Asrul dan Hartono. Kapal motor Sanjaya 3 milik juragan Ato warga kampung nelayan Sungailiat Bangka sebelumnya bertolak dari pelabuhan perikanan Jelitik Sungailiat hendak melaut menuju perairan pulau 2 (dua) terbakar saat di tengah laut, 23/11/2020.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kota Pangkalpinang, Asnam menyampaikan kepada media tidak banyak diselamatkan dalam musibah kejadian tersebut hanya selembar pakain menempel dibadan dan rasa syukur lebih utama 4 (empat) ABK kapal Nelayan itu selamat dalam musibah kebakaran kapal saat  mengarungi lautan di gelapnya malam di tengah laut.

Kami bersyukur adanya perahu motor KM Sanjaya,  KM Rama Jaya , Km Serli membantu kawan kawan nelayan yang kebetulan saat itu berada disekitaran kejadian terbakarnya kapal yang dialami, hingga di bantu dan perahu motor yang terbakar di tarik ke tepian pelabuhan Perikanan Jelitik sungailiat.

Informasi kejadian terbakarnya kapal motor nelayan KM Sanjaya 3 termonitor oleh DPC HSNI kabupaten Bangka Induk dan Juga DPC HSNI Kota Pangkalpinang dikarenakan adanya saling komunikasi satu sama yang lain. Nelayan merupakan bagian dari  kita yang sangat kita perdulikan ujar Asnam saat dihubungi awak media buser24.com

Asnam menjelaskan setelah mendapatkan berita dari korban dan berbagai komunikasi yang ia dapatkan terjadinya musibah yang dialami oleh nelayan tersebut sekitar pukul 22.00 wib tanggal 23/11/2020 berawal dari arus pendek pada generator listrik kabel yang konslething mengeluarkan pancaran api, keadaan tersebut tidak bisa dihindari karena keadaan malam hari dan juga keadaan kapal yang sedang berlayar tertiup angin hingga api sangat mudah membakar badan perahu dan isinya.

Untuk saat ini kapal yang sudah dilalap api kita letakkan di pesisir muara Jelitik Sungailiat dan saat ini upaya kita lakukan memberikan pertolongan kepada  korban untuk membawa korban untuk dilakukan pengobatan.

Asnam selaku HSNI memberikan himbauan kepada Seluruh nelayan yang hendak berpergian kelaut untuk mencari nafkah agar selalu menjaga keselamatan dan selalu memberikan komunikasi sesama rekan baik yang lagi di darat maupun di laut, jika adanya permasalahan hingga kita bisa lebih mudah jika adanya permasalahan untuk saling mengisi dan saling bahu membahu, ujar Asnam. (Fr)