Beranda Kilas Berita Hutan Lindung Bukit Suligi Diduga Dibakar,Siapakah Pelakunya?

Hutan Lindung Bukit Suligi Diduga Dibakar,Siapakah Pelakunya?

BERBAGI

RIAU,Buser 24.Com – Dimasa pandemi covid19 pemerintah bersama instansi terkait bersenergi dalam membasmi virus covid 19,namun dibalik kesibukan pemerintah masyarakat dikejutkan dengan berita terjadinya pembakaran Hutan Lindung Bukit Suligi Diduga Sengaja Dibakar .

Tiga Orang Di Duga di korbankan dan Ditangkap oleh Oknum kepolisian padahal bukan dia  pelaku pembakaran serta masih  di duga sebagai Saksi.

Kebakaran terjadi di Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi di Dusun Kumain, Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu Riau. Sejumlah petugas gabungan TNI-Polri dan BPBD masih berjibaku melakukan pemadaman.

Bahkan, polisi juga telah mengamankan 3 orang terduga pelaku pembakaran. Sedangkan keterangan yang di duga Salah tangkap ini berinisial Adeng, Syari l, cs dia di Amankan Subuh tanpa di lengkapi surat resmi penakapan.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufik Lukman Nurhidayat mengatakan, upaya water bombing sangat efektif dalam mengendalikan kebakaran di hutan lindung bukit suligi. Dia juga menyampaikan, 3 orang terduga pelaku yang diamankan masih diperiksa sebagai saksi.

“Dari hasil penyelidikan di TKP, 3 orang sudah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, statusnya masih saksi,” ujarnya.

Penyidik akan melakukan gelar perkara terhadap kasus ini. Hasil gelar perkara tersebut akan menentukan kasus ini bisa ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan.

“Nanti akan kita sampaikan hasilnya. tentunya setelah mengkaji peran mereka serta alat bukti dan hasil olah TKP yang dilakukan penyidik. Jika terpenuhi dan sah, kasus ini bisa kita tingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan,” kata dia.

Dari hasil pemeriksaan sementara,tiga  orang yang diamankan satu orang diduga sebagai pemilik lahan sekitar hutan dan dua lainnya pekerja.

“Namun, belum bisa kita tingkatkan. Masih didalami sejauh mana peran dari masing-masing ke 3 orang tersebut, serta alat bukti dan hasil olah TKP,” tegasnya Team.(*)