Beranda Kilas Berita Fukus Bangun Daerah, Bupati-Wabup Dengarkan Arahan Presiden

Fukus Bangun Daerah, Bupati-Wabup Dengarkan Arahan Presiden

BERBAGI

Buser 24 com. Meranti. Bupati Haji Muhammad Adil SH dan Wakil Bupati Haji Asmar mendengarkan arahan Presiden Jokowi pada Rakor Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 secara daring, Rabu (14/4/2021).

Ikut mendampingi Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Nipwin B Hutabarat, Pabung Kodim/Koramil 02 Tebingtinggi Mayor ARM Bismi Tambunan SE, Sekda Dr Kamsol, Asisten i Syamsudin, Asisten II Asrorudin, Kabag Kominfo Wan Fakhriarmi dan Kabag Humaspro Rudi Hasan. Rakor daring tersebut diikuti dari Gedung Hijau Kantor Bupati.

Rakor tersebut dibuka oleh Mendagri Tito Karnavian. Dalam sambutannya Mendari mengatakan Pilkada 2020 berhasil menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi sekaligus penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu dalam pengarahannya Presiden Jokowi meminta kepala daerah harus result oriented atau berorientasi pada hasil. Dia meminta kepala daerah berani berinovasi bukan sekedar menjalankan rutinitas pekerjaan.

“Kita harus bisa bekerja dengan kecepatan tinggi. Jangan hanya puas baca laporan. Cek dan kontrol di lapangan. Jadi, kita butuh inovasi, cepat dan tepat,” tegas Jokowi.

Presiden juga mengarahkan agar kepala daerah membuat kebijakan yang fokus dan jelas skala prioritasnya. Caranya, alokasi anggaran lebih fokus dan terkonsentrasi pada satu, dua, atau tiga kegiatan yang benar-benar prioritas. Dengan semakin kegiatan, maka semakin gampang dikontrol serta semakin nampak hasilnya.

“Usahakan belanja pembangunan lebih tinggi dari belanja aparatur karena APBD itu sangat berperan mendorong ekonomi daerah,” tegasnya.

Terkait penanggulangan Covid-19, Jokowi meminta seluruh daerah benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah tidak hanya fokus recovery kesehatan tetapi juga ekonomi. Dan sudah jadi tugas kepala daerah melakukan sosialisasi terus-menerus. Pemerintah sendiri menargetkan pada bulan Juli ini, sebanyak 70 juta penduduk sudah divaksinasi.

Untuk pemulihan ekonomi, Jokowi meminta agar pelaksanaan APBD dalam bentuk padat karya sehingga membantu masalah pengangguran yang meningkat sekarang. Jokowi juga minta agar bantuan sosial segera disalurkan. Selain itu pemerintah daerah harus mendukung penuh investasi terutama dalam kemudahan perijinan. Mengingat investasi membuka lapangan kerja dan mendatangkan pendapatan negara.

Menanggapi arahan Presiden ini, Bupati HM Adil mengaku sesuai dengan apa yang telah dilakukan. “Kita telah melaksanakan sebagaimana arahan Presiden, seperti penyaluran bantuan sosial,” ungkap Bupati.

Beberapa waktu lalu, Bupati terjun langsung menyalurkan bantuan untuk keluarga warga yang terkena Covid-19. Bantuan sosial juga diberikan untuk anak-anak yatim. Bahkan selama Ramadhan ini, Bupati mengarahkan warga daapt berobat gratis hanya menggunakan KTP di RSUD.(zamri).