Beranda NASIONAL DWP Sekretariat DPRD Langkat Lakukan Donor Darah

DWP Sekretariat DPRD Langkat Lakukan Donor Darah

BERBAGI

Buser24.Com | Langkat (Sumut).

Mengawaliarisan bulanan di tahun 2021, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat DPRD KabupatenLangkat dibawah pimpinan Ny. Rosdanelly Basrah Pardomuan laksanakan donordarah, Jum’at (8/1/2021).

Denganmengundang petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Langkat, ibu-ibu DWPmendonorkan darahnya sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan dan untuk kesehatan.Tidak hanya ibu-ibu DWP yang ikut donor, para PNS, pegawai honorer dan tim ahliSekretariat DPRD Langkat juga turut antusias mendonorkan darahnya.

“Donordarah ini sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan dan donor darah itu baik untukkesehatan,” demikian disampaikan Ketua DWP Sekretariat DPRD Langkat Ny.Rosdanelly yang juga seorang tenaga medis dihadapan para pendonor yang beradadisalah satu ruang rapat DPRD Langkat.

Antusiaspara pendonor tampak terlihat dengan masing-masing mendaftarkan diri ke petugasPMI untuk melihat apakah kondisinya memungkinkan untuk diambil darahnya.

Anggisalah seorang petugas PMI, mengatakan seseorang bisa diambil darahnya untukdonor jika tensi/tekanan darahnya antara 100 sampai 170 dengan HB diatas 12.

“Wanitayang lagi haid dan juga ibu-ibu yang lagi menyusui tidak boleh untuk donor,” ujarAnggi.

Iapun menjelaskan darah yang diambil sebanyak 1 kantong yakni 250 cc, namun kalauberat badan pendonor diatas 100 kg boleh donor diatas 250 cc.

Donordarah juga bermanfaat untuk mencegah gejala stroke, menurunkan asam urat,kolesterol dan melancarkan peredaran darah, jelas petugas PMI itu.

Dalamarisan DWP Sekretariat DPRD Langkat ini, sebanyak 41 orang yang berpartisipasimendonorkan darahnya.

Reporter : REDAKSI.