Beranda NASIONAL Desa Timbang Deli Gelar Musrenbangdes 2021-2022

Desa Timbang Deli Gelar Musrenbangdes 2021-2022

BERBAGI

Buser24.com, Galang : 

Guna mengkaji, menentukan dan menyepakati rencana pembangunan Desa Timbang Deli Kecamatan Galang Kab Deli Serdang kembali menggelar agenda tahunan, yakni Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021-2022.

Kades Timbang Deli Hendri Ardiansyah Putra dalam sambutannya pada pembukaan Musrenbangdes tersebut mengatakan, Musrenbangdes adalah forum Musyawarah Perencanaan tahunan di tingkat Desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil Musyawarah Dusun.

“Seperti biasanya, Desa melakukan Musrenbangdes untuk membahas program perencanaan yang diusulkan oleh Desa. Lalu, hasil Musyawarah tersebut akan disampaikan untuk dapat dibawa ke Musrenbangcam,” tuturnya di Gedung Pertemuan Desa Timbang Deli Rabu 03/02/2021 sore

Dikatakan Hendri tujuan Musrenbangdes ini diadakan adalah untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan atau tahun yang akan datang.

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak Desa sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terciptanya usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrembang desa tahun 2021.

Melalui Musrembang Desa,Aspirasi masyarakat ada 9 Usulan tapi 5 usulan diproritaskan Yang akan dibawa kemusrembang Kecamatan dan akan diputuskan Dimusrembang Kabupaten.

Kegiatan ini dimulai dengan tahapan penggalian gagasan ditiap-tiap Dusun yang ada di Desa Timbang Deli

“Menurut Kades Timbang Deli Hendry Ardiasyah Putra Usulan Drainase jalan protokol Yang Berada Didusun 3 dan 4 Sudah diusulkan Di 2018 sampai sekarang belum Trealisasi dari Pemkab Deli Serdang”

“Dengan adanya Musrenbangdes ini, masyarakat bisa menyampaikan secara langsung kepada narasumber dari PD Kecamatan terkait untuk mengusulkan program prioritas Desa,” ujarnya

Selanjutnya,Pendamping Desa Kecamatan Galang Sebagai Narasumber Abdul Rozak menerangkan Musrembang Desa ini mendorong partisipasi masyarakat Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Beliau Menjelakan Tentang Permendes no 13 tahun 2020 bahwa Dana DesaTahun Anggaran 2021 dan merincikan 18 SDGs(sustainable Development Goals)tentang bangunan Berkelanjutan”, Terang Ketua Pendamping Desa Kecamatan Galang.

Turut Hadir dalam kegiatan: Kepala Desa Timbang Deli Hendry Ardiansyah Putra,Babinsa Serda R.simanjuntak,Babinkamtibnas Bripka Henry D. Silaban,ketua Pendamping Desa Kecamatan Abdul Rozak,Kepala Dusun 1 Sampai 4,BPD,LPM,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama ,dan Tokoh Pemuda ,Serta ibu ibu PKK desa Timbang Deli. ( Mas Bagus )