Beranda FAKTA & PERISTIWA Kembali Binatang Ternak Warga Bahorok di Mangsa Harimau Sumatra

Kembali Binatang Ternak Warga Bahorok di Mangsa Harimau Sumatra

BERBAGI

Buser24.com, Langkat – Kembali binatang ternak warga Bahorok di Mangsa Harimau Sumatra. Dusun III Selayang Desa Lau Damak Kec. Bahorok Kab. Langkat, Pada hari Jumat (25/12/20) pukul 09.00 wib.

– Brahmalem Depari (43) tahun pemilik hewan peliharaan ,laki-laki,pekerjaan tani, Dusun selayang Desa Lau Damak (1 Ekor Lembu Jantan).

– Umur Sitepu (57) Tahun ,pekerjaan Petani ,Alamat Desa Samperaya ,
(Orang tersebut selama ini tinggal di Dusun Selayang Desa Batu Katak
(1 Ekor Lembu Betina).

Saudara Umur Sitepu sebagai pemilik lembu berangkat dari rumahnya di Dusun Selayang Desa Batu Katak menuju tempat biasanya dimana beliau sering menambatkan lembunya diareal perladangan berjarak 150 meter dari Dusunnya.

Sesampainya beliau dilokasi tempat biasanya beliau sering menambatkan lembunya bahwa belia sudah tidak melihat lagi lembunya dan beliau pun ada melihat tapak bekas lembunya yang diseret sehingga yang lainnya juga mengikutinya sampai berjarak 150 meter dari tempat beliau sering menambatkan lembunya.

Kemudian beliau menemukan lembunya telah mati dengan kondisi belakang lembunya terlihat seperti dimakan Harimau Sumatera yang mana terlihat dileher lembunya nampak bekas gigitan taring Harimau Sumatera.

Terlihat juga bekas tapak kaki harimau di seputaran areal perladangan milik Alm Tulis Sipayung yang tidak jauh dari lokasi beliau sering menambat lembunya yang berjarak sekitar kurang lebih 100 meter.

Kemudian pada saat melakukan pengecekan diseputaran areal perkebunan beliau juga menemukan 1 ekor lembu betina yang sudah mati milik sdra Bramalem Depari, warga sedusunnya yang bekas diterkam harimau dan kemudian pemilik hewan menghubungi Kadus Selayang Bapak Dapet Muli Sembiring, Kades serta pihak TNGL Bahorok dan Pihak Kepolisian Polsek Bahorok.

Adapun yang turut hadir dilapangan melakukan pengecekan kelokasi tersebut yaitu :

– Ngemat Ginting Kades Lau Damak dan beberapa perangkat Desa lainnya
– KPH Resort Langkat Hulu sdra Tanta Shut MSI.
– Sdr I.Wayan Dadu beserta 4 ASN dari Dinas Balai Besar TNGL Bukit Lawang
– IPDA Hermawan. SH Kanit Reskrim
– AIPTU Budi Suprianto Kanit Intel
– BRIPKA Herbet. Tampubolon BABINKAMTIBMAS
– BRIPKA Rio Kacaribu Unit Reskrim
– Sdr Dian dari WCS / World Conservation of society
-Joko dan Bukit dari OIC / Orang Utan Information Center
– Samuel bersama 4 anggota dari YOHUA / Yayasan Hutan Untuk Anak.

– Dari Hasil pengecekan dilokasi bahwa terlihat hewan ternak lembu milik warga masyarakat terlihat sudah di mangsa oleh Harimau Sumatera dan kemudian pihak Yayasan Hutan Untuk Anak melakukan koordinasi kepada pemilik hewan dan sekaligus menerangkan bahwa hewan yang sudah dimangsa oleh Harimau Sumatera.

Begitu juga dengan bangkai hewannya jangan dibuang karna akan diambil untuk keperluan dilakukan pemasangan Kamera Trap guna untuk mengetahui apakah Harimau yang sama telah memakan hewan lembu tersebut.

Apabila Harimau Sumatera masih masuk ke kampung, maka akan di lakukan tindakan pengusiran oleh pihak stay wild dan kehutanan.

Kanit Reskrim Ipda.Hermawan.SH juga sempat memberikan himbauan kepada warga masyarakat agar tetap waspada dan tetap berkoordinasi terhadap instansi terkait.
Imbuh Kanit Reskrim Ipda.Hermawan.SH kepada wartawan saat di Konpirmasi di Polsek Bahorok.

Beliau juga menyarankan agar melakukan koordinasi kepada Dinas Balai Besar TNGL Bukit Lawang Kec. Bahorok. (Riduan.STP)