Beranda Kilas Berita Bupati H.M.Adil Hadiri Pelaksanaan Program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati UPTD Puskesmas...

Bupati H.M.Adil Hadiri Pelaksanaan Program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati UPTD Puskesmas Selatpanjang Jangan Sampai Ada Warga Sakit Kita Tidak Tahu Dan Warga Ingin Berobat Tidak Terlayani

BERBAGI

Buser 24 com. Meranti. Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH didampingi Ketua PKK Meranti Ny. Rinarni M. Adil, menghadiri pembukaan pelaksanaan Program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati UPT Puskesmas Selatpanjang, kegiatan pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat itu dipusatkan di Posyandu Jelutung, Kelurahan Selatpanjang Kota, Sabtu (10/4/2021).

Turut mendampingi Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Plt Kadisdukcapil Meranti Ramdam, Camat Tebing Tinggi Hery Kurniawan, Ka. Puskesmas Selatpanjang Dr. Joko, Lurah Selatpanjang Kota Khusairy, Kader Posyandu Dilingkungan Puskesmas Selatpanjang, Humas Protokol dan lainnya.

Pada kesempatan itu dikatakan Plt. Camat Hery Kurniawan, Kecamatan Tebing Tinggi khususnya UPT Puskesmas siap melaksanakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati H.M Adil-H. Asmar yakni Program Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mensukseskan program ini diakui Camat adalah dengan mengaktifkan kembali seluruh Posyandu yang ada diwilayah Tebing Tinggi yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada ibu hamil/menyusui serta pemberian gizi yang cukup kepada Balita, dengan begitu kondisi kesehatan ibu dan anak dapat terpantau dengan baik yang otomatis dapat menekan angka balita stunting di Kepulauan Meranti.

Selain itu melalui Program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati ini, pihak UPT Puskesmas Selatpanjang akan melakukan pendataan kondisi kesehatan masyarakat yang ada diwilayahnya dengan cara mendatangi rumah-rumah warga untuk wawancara sekaligus pemeriksaan kesehatan (Tensi, Cek Gula Darah, Kolesterol) untuk mengetahui kondisi pasien sehingga penanganan penyakit dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Menyikapi kegiatan tersebut, Bupati H.M Adil mengucapkan apresiasi kepada Kecamatan Tebing Tinggi yang telah menjalankan Program Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati, salah satu program strategis Bupati untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat disegala sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan lainnya.

Bupati berharap Program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati ini dapat dijalankan dengan serius sehingga benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Jangan sampai ada warga yang sakit kita tidak tahu, dan tidak terlayani dengan baik,” ucap Bupati.

Bahkan Bupati H.M Adil, meminta kepada para insan kesehatan di Rumah Sakit dan Puskesmas dapat mengobati pasien dirumah jika memang tidak memungkinkan dibawa kerumah sakit.

“Jika warga sakit tidak bisa datang kerumah sakit maka kita datangi rumahnya untuk diobati,” ujar Bupati Adil.

Dan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Meranti khususnya warga kurang mampu yang tidak terdaftar di BPJS, tetap bisa berobat gratis di Rumah Sakit maupun Puskesmas, jika sebelumnya diminta mengurus SKTM kini cukup hanya dengan menunjukan KTP saja.

“Kedepan jika tidak ada BPJS masyarakat kurang mampu cukup berobat dengan menunjukan KTP, tidak pakai SKTM lagi,” jelasnya.

Karena seperti ditegaskan Bupati Adil, dirinya tidak ingin lagi mendengar ada masyarakat yang sakit Pemerintah tidak tahu dan ada yang ingin berobat tidak mendapat pelayanan.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu Bupati H.M Adil didampingi istri Ny. Rinarni M. Adil, juga berkesempatan melakukan cek kesehatan (cek darah, tensi) yang ditangani oleh para medis Puskesmas Selatpanjang dan meninjau pelayanan Posyandu Jelutung.

Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan progran Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati kesalah satu rumah warga yakni Pak Jono, warga Jelutung yang sedang menjalani pengobatan. (zamri).