Beranda NASIONAL Bupati Ashari Tambunan Menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Kepada Camat Sunggal Ismail S...

Bupati Ashari Tambunan Menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Kepada Camat Sunggal Ismail S SSTP MAP

BERBAGI

Buser24.com, Deli Serdang :

Sunggal terpilih sebagai kecamatan terbaik se Kabupaten Deliserdang untuk tahun 2020. Bupati H Ashari Tambunan menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik kepada Camat Sunggal Ismail S SSTP MAP, Kamis (17/12/2020).

Bupati Ashari Tambunan dalam arahannya mengatakan, dalam upaya mempersiapkan kemandirian keuangan, sekaligus mengantisipasi berkurangnya transfer dana ke daerah, Pemkab Deliserdang harus melakukan berbagai terobosan melalui kebijakan dengan melakukan beberapa perubahan aturan sebagai landasan hukum.

“Pertama, perubahan Peraturan Bupati yang mengatur pelimpahan kewenangan kepada camat, agar para camat memiliki legalitas dan porsi kewenangan yang lebih besar dengan mengikutsertakan kepala desa dan lurah di wilayahnya,” katanya.

Kedua, mengambil kebijakan dengan mengeluarkan Peraturan Bupati tentang Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (Paten).

Ketiga, Peraturan Bupati tentang optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang diikuti dengan pembentukan tim optimalisasi terintegrasi dengan melakukan penguatan melalui penambahan personel seksi Trantib kecamatan, yang bertugas membantu pelaksanaan pengawasan bagi pendataan potensi, guna intensifikasi dan ekstensifikasi PAD yang lebih optimal.

Hal itu, sebut bupati akan didukung dengan teknologi informasi berbasis aplikasi yang dapat dimanfaatkan melalui pusat pelayanan terpadu administrasi kecamatan.

“Untuk memberhasilkan apa yang saya sampaikan tersebut, jawabannya adalah kerja keras dan kesungguhan kita semua khususnya para camat, kepala desa dan lurah. Karena sesungguhnya, di tangan saudara–saudaralah tumpuan dan kemandirian Kabupaten Deliserdang yang sama kita cintai ini,” tegasnya.

Bupati Ashari mengingatkan para camat yang menerima Tunggul Kecamatan Terbaik, bahwa keberhasilan ini bukan merupakan tujuan akhir.

“Akan tetapi harus menjadi pendorong untuk bekerja dan terus berkarya. Dan bagi para camat yang belum berhasil, segera evaluasi dan berbenah diri, untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ashari juga memberikan selamat kepada para kepala desa yang menerima penghargaan.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih, karena telah melaksanakan tugas dengan baik dalam menyalurkan dana BLT, tepat sasaran dan Kepada para atlet yang turut serta dalam upacara ini, atas keberhasilan dan prestasi yang telah diraih di dalam mengharumkan nama kabupaten Deliserdang,” sebutnya.

Sementara itu, Kabag Adm Pemerintahan dan Otonomi Daerah Drs David Efrata Tarigan menyampaikan, berdasarkan SK Bupati Nomor 250 Tahun 2020 tanggal 27 November 2020, tentang Pemenang Evaluasi Kinerja Kecamatan di Kabupaten Deliserdang Tahun 2020, Sunggal berhasil meraih Kecamatan Terbaik, disusul Pancurbatu dan Delitua.

“Untuk Terbaik Harapan I, Kecamatan Percut Seituan, Terbaik II Kecamatan Lubuk Pakam dan Terbaik Harapan III, Kecamatan STM Hulu,” katanya.

Sedangkan Surat Bupati Nomor 005/4091 tanggal 11 Desember 2020, ada 90 Kepala Desa yang berhasil menyalurkan BLT dana desa tepat waktu.

Penghargaan diserahkan secara simbolis kepada 10 kepala desa yaitu, Kades Bangun Sari Baru (Tanjung Morawa), Pasar Miring (Pagar Merbau), Beringin (Beringin), Kelapa Satu (Galang), Sei Semayang (Sunggal), Patumbak II (Patumbak), Batu Penjemuran (Namorambe), Kedai Durian (Delitua), Sambirejo Timur (Percut Seituan) dan Sena (Batang Kuis).

Pemerinta Kabupaten Deli Serdang juga memberikan piagam penghargaan dan tali asih kepada 99 atlet dan pelatih berprestasi untuk tahun 2020,

Penghargaan diterima secara simbolis oleh Muhammad Dhijey Lexsie (peraih emas Karate pada International de Karate 2019 di Belgia) dan Soyan (peraih medali perunggu Cabor Tenis Meja pada ITTF ASEAN Para Table Tennis Championship 2019).

Hadir pada acara di halaman Kantor Bupati Deliserdang tersebut, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein SSos, Kepala OPD, Kabag, Camat serta sejumlah kepala desa dan Ketua KONI Deliserdang, Khairullah Siregar.

(L Bagus)