Beranda FAKTA & PERISTIWA Bak Kolam Penampungan Limbah Milik PT.SJMS Jebol Cemari Parit Warga

Bak Kolam Penampungan Limbah Milik PT.SJMS Jebol Cemari Parit Warga

BERBAGI

Buser24.Com | Langkat (Sumut).

Manusia hanya berencana, namun keputusan ditangan Tuhan yang maha kuasa, ( Allah SWT),seberapa kokohpun bangunan yang dirancang, pada saatnya,akan mengalami kerusakan, hal ini, seperti yang dialami oleh PT. SJMS.

Belasan KK warga yang tinggal di sekitar bantaran paret Gang Bersama lingkungan 1 (Satu) Bukit Tangga Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besiatng Kabupaten Langkat , Sumatera Utara .sejak Senin Malam sempat dihebohkan dengan menebarnya Polusi Bau tak sedap tercium warga sekitar, ternyata aroma bau tak sedap tersebut,berasal dari limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS).PT.Sawit Jaya
Makmur Sentosa (SJMS).

PKS yang berlokasi sekitar seratusan meter dari Gang tempat Pemukiman warga, Menurut penuturan, Yanti “45” didampingi Dedek dan Siti warga setempat Kepada Buser24.Com, Selasa (27/4/21)mengatakan bahwa “Peristiwa ini kami ketahui pada hari Senin tanggal 26 April 2021 malam, debit Air limbah Kental berbau busuk sempat mengalami ketingian hinga 10 Cm dari dasar paret, yang berada persis disamping kediaman mereka” ujarnya.

Yanti juga mengatakan “para Ibu Rumah tangga yang lainnya juga mengatakan limbah yang mengalir di paret ini diduga mengandung kimia sebap Ikan Gabus ikan Lele yang selama ini hidup diparet ini saat datangnya limbah PKS semua Ikan pada mati” ungkapnya lagi.

Kepala Lingkungan l Bukit Tangga .Hendra Syaputra Hrp.peristiwa ini telah “kita laporkan ke Pihak Perusahaan Mereka juga KTU sudah turun meninjau langsung.dia juga mengatakan jumlah warga yang terdampak limbah ini sekitar 15 KK dan “menurut pihak perusahaan.kata Hendra mengalirnya limbah ini ke Paret warga akibat dari jebolnya tangul Kolam bak penampungan .

Maka pihak perusahaan berjanji akan memperbaiki Tangul Kolam yang jobol Kata Hendra.Terkait mengalirnya limbah pabrik berbau busuk ke paret warga Julhasbi KTU PT.SJMS kepada awak Media ini,di kantornya mengatakan “Mengalirnya Air limbah ini. Karna tanggul kolam penampung yang ke 10 Merembes kemudian material tanah bahagian bawah tangul Jebol,ucapnya.

Ia menambahkan,”Air Limbah dari kolam 10 mengalir ke paret.Pemukiman warga.Hari ini (Selasa-red)kerusakan tangul ini telah “Kami perbaiki mudah-mudahan kedepan hal seperti ini tidak terjadi lagi.dan semua ini bukan ada unsur kesengajaan dari pihak perusahaan Kata Julhasbi.

Dia juga mengatakan dimana selama ini hubungan masyarakat dengan pihak perusahaan terjalin sangat baik.Kami juga tetap memperhatikan masyarakat di sekitar perusahaan.bahkan pihak Perusahaan juga mempekerjakan warga sekitar, kata Pak Jul, panggilan sehari-hari.

Reporter : Safii Eppendi Gultom