Pompa Rasa Percaya Diri Hadapi Seleksi,Kodim Pidie Bekali Calon Prajurit TNI Dengan Pengetahuan dan Latihan Psikotes

76
BERBAGI
Buser24.com,Pidie – Komando Distrik Militer ( Kodim) 0102/ Pidie selenggarakan kegiatan pengenalan dan Bimbingan Psikotes kepada Calon Bintar PK TNI AD.
Kurang lebih 120 Orang remaja dari wilayah Kabupaten Pidie yang telah mendaftar menjadi Calon Bintara PK TNI AD Tahun 2019 secara online, siang tadi datang ke Makodim 0102/ Pidie untuk mengikuti pengenalan dan bimbingan psikotes, di Aula Salimuddin Makodim 0102/ Pidie, Jl Prof A. Majid Ibrahim Sigli. Kamis, 12/09/2019
Komandan Kodim 0102/ Pidie Letkol Arm Wagino SE melalui Perwira Seksi Personel Kapten Inf Rusli mengatakan bahwa Kegiatan tersebut di selenggarakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan tentang macam – macam seleksi yang akan mereka ikuti untuk menjadi seorang Prajurit TNI, salah satunya seleksi dibidang pemeriksaan Psikologi.
Yang mana Tujuan Pemeriksaan Psikologi adalah agar diperoleh data tentang taraf kecerdasan, sikap kerja, sosiabilitas, pengelolaan perasaan (emosi) untuk dibentuk menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang cocok dalam bidang tugasnya maupun arahan jabatan.
Adapun tahapan seleksi untuk dapat masuk pendidikan menjadi seorang prajurit Bintara PK TNI AD adalah sebagai berikut:
Pemeriksaan kelengkapan administrasi bertujuan untuk mengetahui identitas dan kelengkapan administrasi lainnya yang dipersyaratkan.
Parade bertujuan untuk menilai kelayakan calon peserta seleksi secara fisik. Pemeriksaan Kesehatan untuk mengetahui riwayat kesehatan dan kesiapan kesehatan yang bersangkutan untuk mengikuti proses pendidikan dan pelatihan.
Pemeriksaan Postur tubuh bertujuan untuk mendapatkan penampilan yang ideal bagi seorang prajurit TNI Angkatan Darat.
Tes Fisik melalui kesamaptaan jasmani A dan B guna mendapatkan calon prajurit TNI Angkatan Darat yang Samapta dan memiliki kesiapan fisik yang prima.
Tes Akademik beberapa materi pelajaran yang pernah didapat pada pendidikan umum untuk mendapatkan calon prajurit yang berkemampuan akademi dan memiliki inteligensi yang sesuai.
Tes Mental Ideologi, untuk mengetahui kesetiaannya terhadap Bangsa dan NKRI, serta Pancasila dan Pemeriksaan Psikologi.
Dengan mereka faham dan mengetahui tahapan seleksi apa saja yang akan mereka hadapi untuk menjadi seorang Prajurit TNI, harapannya mereka akan semakin percaya diri serta mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi nanti.
Kepada para Calon Bintara PK yang hadir dalam kegiatan tersebut, Kapten Inf Rusli mengaharapkan agar para Calon dapat berlatih dan belajar contoh persoalan Psikologi yang telah di berikan, serta mengingatkan untuk selalu membina fisik.(ZM)