POLRES ROHIL TANGKAP PELAKU PENGOPLOS PUPUK.

80
BERBAGI

BUSER24,COM. ROHIL — Satuan Reskrim polres Rokan Hilir berhasil mengungkap tindak pidana pengoplosan pupuk oplosan di jalan KM 26 Balam sempurna.

“Yang mana,  dari hasil kererangan para tersangka, pupuk oplosan tersebut di olah dan di kemas di bagan batu, tepat nya di paket C kepenghuluan pelita kecamatan Bagan sinembah.

“Kawanan pelaku tersebut yakni ka berperan sebagai pelaku utama (pemilik usaha) , AP berperan sebagai supir,  dan Da berperan sebagai agen.  Ke empat tersangka, tim opsal juga turut menyita barang bukti berupa 1 unit mobil Toyota Dyna BM 8094 PE, 61 karung pupuk oplosan jenis kcl,  2 buah sekop dan 91 lembar karung kosong.

” Berdasar kan data yang di rangkum dari Mapolres Rohil pada selasa (4/12/18) menyebutkan bahwa penangkapan tersebut,  bermula pada rabu(28/11/18), sekira pukul 12:30 wib tim opsal Reskrim polres Rohil yang di pimpin KBO Reskrim iptu Amru abdulah SIK mendapat kan informasi mengenai marak nya peredaran pupuk oplosan di wilayah KM 26 balam sempurna kecamatan balai jaya.

“Mendapat kan informasi tersebut, tim opsnal kemudian melakukan penyelidikan dan pada akhir nya menangkap AP, SA, dan DA. Ketiga nya di tangkap saat sedang mengendarai mobil toyota Dyna BM 8094 PE, yang mengangkut pupuk oplosan sebanyak 50 karung di jalan lintas Riau-sumut KM26 balam sempurna.

“Setelah tim opsnal bergerak kerumah Tersangka AP di paket C kepenghuluan pelita kecamatan bagan sinembah.  Dimana,  Tim opsnal kembali menemukan barang bukti lain nya berupa karung yang berisi pupuk oplosan sebanyak 11 karung yang di gunakan tersangka mengoplos pupuk tersebut.

“Setelah itu tim opsnal bergerak ke rumah pelaku lain nya,  KA,  tepat nya di belakang showroom Toyota di kepenghuluan Bahtera Makmur kecamatan Bagan sinembah. Yang mana menurut keterangan dari tersangka Adi piet, kariadi merupakan pemilik pupuk tersebut.

“Kapolres Rohil AKBP sigit adiwuryanto SIK MH yang di komfirmasi melalui Kasubag Humas AKP juliandi SH membenar kan. Dan atas kejadian tersebut, keempat tersangka dan barang bukti di bawa dan diaman kan di polres Rohil, ” Ya,  dan saat ini para tersangka sedang dalam proses pemeriksaan di mapolres Rohil, ” terang juliandi.

“Mantan kasat narkoba polres Rohil itu menambah kan,  bahwa pelaku di kenai pasal berlapis yakni pasal 37 ayat  (1) jo pasal 60 ayat (1) huruf F UURI NO 12 thn 1992 tentang Budidaya tanaman dengan ancaman 5 tahun penjara.

“Pasal 62 ayat (1) jo pasal 8 ayat (1) huruf i UU NO 8  tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman 5 tahun penjara.  Pasal 113 jo pasal 57 ayat (2) UURI NO 7 tahun 2014 tentang perdagangan dengan ancaman 5 tahun penjara.

“Dan pasal 120 ayat (1) jo pasal 53 ayat (1( huruf b uuri nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian dengan ancaman 5 tahun penjara, ” tambah juliandi.

Editor : ANDI