Pemdes Desa Nanggerang Bagikan ATM Beras Bagi Warga Kurang Mampu

38
BERBAGI

BUSER24.com,Sukabumi – Demi meringankan beban warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Nanggerang berikan Kartu ATM beras kepada warga kurang mampu yang digelar di Aula Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Kaitan dengan pembagian Kartu ATM beras hari ini yaitu untuk membantu warga kurang mampu yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ungka Kepala Desa Nanggerang, Ade Daryadi kepada Buser24 disela acara. Jum’at (21/12/2018).

Selanjutnya kata Kades, untuk tahap pertama baru ada sekitar 50 Kepala Keluarga (KK) yang bisa menerima ATM tersebut. Dan nilai beras yang diterima warga bervariasi mulai dari 10 liter hingga 20 liter, tergantung kebutuhan tanggungan keluarganya. “Dan target kita tahun 2019 nanti hingga seterusnya punya keinginan selain jumlah beras yang diterima warga semakin meningkat kami juga ingin semua warga desa ini kebagian,” tuturnya.

Kemudian Kepala Desa yang sekaligus Ketua ZIS Kabupaten Sukabumi itu menjelaskan bahwa, mengenai sumber anggarannya sendiri selain dari Pendapatan Belanja Desa juga dari Zakat Infak Shodaqoh (ZIS) yang dikelola desa, serta dari dana sosial keuntungan bumdes dan beberapa aset yang ada di desa ini.

“Dan sebetulnya program ATM beras ini sudah berjalan beberapa bulan lalu, namun dioperasikan secara resminya baru berjalan hari ini. Jadi mulai hari ini warga yang sudah mempunyai kartu bisa mengambil beras saat jam kerja, karena dikhawatirkan kalau pengambilan diluar jam kerja, ketika terjadi kesalahan atau eror, operatornya tidak ada di lokasi. Karena saat ini memang kami belum berani menyimpan alat ini diluar,” jelasnya.

“Dengan demikian ke depannya saya berharap ada pihak atau orang dermawan yang mau menyumbangkan mesinnya untuk desa ini. Dan kami punya cita – cita ke depan ingin memiliki beberapa mesin yang bisa di simpan di tiap Mesjid Jami atau dusun, agar warga tidak terlalu jauh harus mengambil beras ke desa nantinya,” harap Kades.(Aris)