OPERATOR PELINDO II TERAPKAN PENANGANAN SAMPAH DAN LIMBAH B3

60
BERBAGI
Buser24.com–Pangkalbalam – Pelabuhan Indonesia II Cabang Pangkalbalam melalui operator kepelabuhanan  selalu menginformasikan kepada penguna jasa kepelabuhanan  terhadap   Koordinasi Teknis Penanganan Sampah dan Limbah B3 bagi  terkait dan para penguna jasa di Pelabuhan Pangkalbalam.
Kepala Operasional Pt Pelindo II Cabang pangkalbalam Toufik didampingi staf operasional merangkap humas pelabuhan saat ditemui awak media  diruang rendal 5/4/2019.
“Dengan pelaksanaan teknis penanganan sampah dan Limbah B3, di kawasan pelabuhan umum Pangkalbalam mendukung terwujudnya Penegakan Hukum sebagai Upaya Mewujudkan Terciptanya Keselamatan dan Keamanan Pelayaran dipelabuhan Pangkalbalam”.
Toupik selaku kepala operasional Pelindo II menyampaikan bahwa  pengguna jasa kepelabuhanan yang melakukakan  aktifitas  di pelabuhan umum milik Pelindo II – Pangkalbalam dan wilayah sekitarnya, dengan  tujuan  keselamatan dan keamanan pelayaran di Pelabuhan Pangkalbalam khususnya, antara lain penanganan sampah dan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di pelabuhan diharapkan dengan keamanan pelabuhan, dan penegakan hukum di Pelabuhan,”  Penanganan Sampah dan Limbah B3 di pelabuhan selalu kita terapkan hal ini sudah menjadi SOP PT Pelindo II cabang Pangkalbalam.
Staf operasional Pelindo II Pangkalbalam Susanto menambahkan  hambatan  dalam pelaksanaan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Pangkalbalam masih kurang kesadarannya diharapkan  pengguna jasa untuk saling menjaga dan bersinergi dalam melakukan aktifitas operasional di pelabuhan.
Lebih lanjut   Susanto menambahkah, pelaksanaan penanganan sampah dan limbah B3 di pelabuhan merupakan salah satu bentuk penerapan lingkungan (Green Port), dengan mengacu diamanatkan  dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2010 tentang Perlindungan Lingkungan Maritim dan beberapa Peraturan Menteri Perhubungan terkait lainnya.
“Sedangkan terkait  pengawasan dan keamanan pelabuhan serta penegakan hukum, itu peran serta Intansi terkait  di pelabuhan. Dengan peran masing masing memiliki tugas dan fungsi dalam menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran sehingga pihak pengguna jasa yang melakukan operasional di Pelabuhan umum pangkalbalam  akan merasakan perubahan  manfaatnya.”
Selaku kepala operasional Pelindo II cabang Pangkalbalam berharap agar koordinasi dan komunikasi antara penguna jasa kepelabuhanan  dengan petugas operator pt pelindo II cabang Pangkalbalam  dapat terus dibangun dan terjalin dengan baik.
Editor:FR