MODUS LOWONGAN PEKERJAAN” BERKEDOK PUNGUTAN LIAR KEPADA PELAMAR

48
BERBAGI
Buser24.com,Jakarta – Maraknya informasi lowongan pekerjaan di kota -kota besar khususnya jakarta berkedok pungutan liar atau pungli kepada pelamar dan pencari kerja dengan diiming-imingi gaji, jabatan, tunjangan,dan lainya, sangat merugikan dan meresahkan para pencari kerja saat ini.
Pasalnya di sisi lain mereka adalah orang yang memerlukan pekerjaan, disatu sisi mereka harus pula memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari keluarga mereka sendiri ungkap nara sumber “AK” kepada awak media buser24.com (09/04/2019).
Hal tersebut diatas dapat juga di katagorikan sebagai kejahatan tindak pidana yakni pasal 379A yang dijadikan sebagai mata pencarian yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Pentingnya pengalaman dan pengetahuan bagi masyarakat dan para pencari kerja guna terhindar dari praktek-praktek kejahatan berkedok lowongan pekerjaan dengan modus meminta uang kepada calon pelamar pekerjaan tersebut.
Pentingnya juga pengawasan yang ketat terhadap Perusahaan atau Badan Usaha agar perusahaan yang salah dan yang tidak sesuai dengan perundang-undangan dalam menjalankan aktifitasnya untuk di proses secara hukum dan di audit dari pemerintah daerah mengenai perizinan pendirian Perusahaannya tersebut dan ijin operasionalnya juga tata cara pelaksanaannya yang sudah sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan dan dibawah pengawasan pemerintah pusat”ungkapnya.
Andika.SH yang merupakan salah satu kuasa hukum dari korban berinisial “TG” yang merupakan korban Penipuan yang terjadi saat melamar pekerjaan di salah satu perusahaan di jakarta selatan mengatakan bahwa perbuatan tersebut telah di laporkan ke pihak berwajib yakni kepolisian, dan kasus tersebut masih dalam proses penyidikan untuk pengembangan lebih lanjut.
Pihak kuasa hukum korban telah membuat laporan dan koordinasi dengan aparat Penegak Hukum bahwa sejatinya hukum tidak memandang dan mengenal siapa, siapapun yang tidak menjunjung tinggi hukum harus di tindak dan diadili.
Dia juga mengatakan bahwa Kasus Pidana adalah spesialisasinya, jadi dia menyampaikan kepada para kliennya tetap tabah, sambil terus berusaha dan berdoa……Bersambung.(Redaksi)