MAHASISWA STPP OPTIMIS OLAH LAHAN GAMBUT DI KABUPATEN LINGGA

46
BERBAGI

BUSER24,Lingga KEPRI – Panen padi perdana di Desa Panggak Darat Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau telah dilaksanakan pada tanggal (07/03/2018). Padi yang dipanen merupakan lahan percontohan milik Desa Panggak Darat yang ditanam pada tanggal 26 Desember 2017.

Panen perdana ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Panggak Darat, Babinsa Kecamatan Kabupaten, Dosen serta Mahasiswa STPP. Ini merupakan demplot pertama yang memiliki luas 0,2 Ha yang berada di lahan gambut. Panen yang dilakukan lansung oleh Mahasiswa STPP sebagai praktisi di Desa Panggak Darat dan dilanjutkan oleh petani ini memperoleh hasil panen sebesar 625Kg gabah.

“Melihat hasil panen tersebut, kami sebagai Mahasiswa STPP siap mendampingi
petani di Desa Panggak Darat untuk mengoptimalkan hasil panen di lahan gambut” Ujar
Andika Prastyo sebagai Mahasiswa STPP yang membantu petani di desa Panggak Darat.

Hasil yang diperoleh dari lahan percontohan ini membuat mahasiswa terlihat sangat optimis menjadikan lahan gambut menjadi salah satu lahan yang dapat dijadikan sebagai lumbung pangan dunia sekaligus pendapatan utama di Desa Panggak Darat.

Masyarakat Desa Panggak Darat yang awalnya tidak yakin bahwa lahan gambut dapat
diolah menjadi persawahan, sekarang mereka sangat bersemangat untuk segera menanam padi di lahan yang mereka miliki.

“Melihat hasil panen yang diperoleh dari lahan
percontohan ini saya bersemangat untuk segera mengelola lahan saya” ujar Bapak Sugianto salah satu petani sekaligus ketua kelompok tani yang berada di Desa Panggak Darat.

Lahan gambut bukan merupakan suatu masalah untuk menjadikan Indonesia sebagai
Lumbung Pangan Dunia, Dari hasil panen yang diperoleh dilahan percontohan Desa Panggak Darat menjukan lahan gambut dapat diolah sebagai lahan pertanian khususnya dibidang pangan dan menjadikan pertanian sebagai pendapatan utama masyarat Indonesia.

Dengan pengelolahan yang tepat dan perawatan tanamana yang tepat panen padi di lahan gambut dapat dioptimalkan sehingga petani sawah di lahan gambut memiliki kemauan dan semangat untuk tetap mengelola lahan pertanian mereka.

Sumber: STPP Medan

Editor :Soni,Amd