KPUD SELAYAR SUKSES LAKSANAKAN KURSUS KEPEMILUAN

121
BERBAGI
Buser24.com,Selayar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar kegiatan Kursus Singkat Kepemiluan dengan tema membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi. Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Tanadoang, giat ini diikuti oleh 40 orang dari berbagai segmen pemilih.
Ketua KPU Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin berharap kepada peserta kursus kiranya setelah menimba ilmu kepemiluan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
“Harapan kami, kepada teman-teman peserta setelah mengikuti kursus ini dapat membentuk komunitas-komunitas peduli pemilu dilingkungannya masing-masing yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya proses pemilu sehingga dapat mendorong tingkat partisipasi masyarakat dalam setiap pemilihan” harap Nandar saat membuka kegiatan.
Kursus yang dilangsungkan selama 2 hari ini, Kamis s.d Jum’at (22,23/11) diisi oleh pemateri-pemateri yang sudah malang melintang dalam dunia kepemiluan. Mardiana Rusli yang merupakan mantan komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan periode 2013-2018 dan kini bergabung dalam Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia membawakan materi sejarah dan sistem pemilu, partisipasi warga dalam pemilu.
Pemateri kedua adalah mantan komisioner KPU Kabupaten Takalar yang kini juga bergabung dalam Jaringan Demokrasi Indonesia, Attahiria Nas membawakan materi tahapan penyelenggaraan pemilu. Masmulyadi, M.Sc. yang merupakan mantan komisioner KPU Kepulauan Selayar periode 2013-2018 juga turut menjadi pemateri dalam giat ini. Masmulyadi yang kini bergabung dalam Insitute for Social Democracy (ISD) ini membawakan materi penegakan hukum pemilu.
Selain menerima materi, giat ini juga diisi dengan beragam simulasi diantaranya simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu. Peserta juga diberikan kesempatan bersosialisasi dalam sesi diskusi dan pengisian kuisioner.
Editor :Hasgas
Sumber: (imran/mc)