Irjen Kemenhub Dr.Wahyu Satrio Terkesan Pelabuhan Belinyu Luar Biasa

91
BERBAGI

BUSER24.com – Belinyu, kunjungan kerja kementerian perhubungan Irjen Dr.Wahyu Satrio bersama Inspektur II Imam Hambali saat beberapa waktu yang lalu sangat terkesan geografis pelabuhan Belinyu yang terletak di teluk kelabat, di dampingi Kepala Kantor Keyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Izuar beserta rombongan pada tanggal 23/05/2019 yang lalu.

Seiring pendampingan kepala KSOP Pangkalbalam memaparkan keadaan lingkungan sekitaran teluk kelabat yang memiliki potensi kedalaman laut di areal dermaga pada saat air surut dengan rata rata draf Lws 6 dan Hws 8-10 meter, luasnya teluk kelabat cukup aman untuk kapal yang berlabuh dan melakukan olah gerak.

Tidak cukup sampai paparan mengenai industri pelayaran namun Izuar mempromosikan keindahan alam teluk kelabat dengan hamparan pasir putihnya serta batubatuan merupakan batu jenis granite, menjadikan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikelola sebagai wisata bahari di wilayah Belinyu Bangka jelas Izuar.

Izuar kembali menjelaskan untuk saat ini pelabuhan Belinyu disinggahi kapal Pelni yaitu KM Bukit Raya dengan trayek pelayaran Tanjung Priok -Belinyu – kijang Pp. Dan kapal perintis sabuk Nusantara 27, dengan trayek Belinyu – Natuna – Kalbar dll.

Sementar untuk Kapal jenis Cargo sekali kali dengan bongkar semen dan muat kaowlin, dari armada KRI TNI-AL kadang kala singgah dan bersandar di pelabuhan belinyu karen kalau di Pelabuhan Pangkal Balam tidak memungkinkan, karena draft rendah,” tandas Izuar. (Firdaus)